Kurniawati, Dedeh (2024) Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom/kelas terbalik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian quasi eksperiment di kelas VII MTs Al-Mishbah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
||
Text (BBA V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
Abstract
Motivasi belajar merupakan faktor kunci dalam keberhasilan pembelajaran. Siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi cenderung lebih aktif, kreatif, dan mencapai hasil belajar yang lebih baik. Namun, motivasi belajar siswa seringkali dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk metode pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Flipped Classroom untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses penerapan model pembelajaran Flipped Classroom untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII MTs Al-Mishbah. 2) Peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Flipped Classroom di kelas VII MTs Al-Mishbah. 3) Pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Al-Mishbah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest sebelum diterapkan perlakuan dan posttest sesudah diterapkan perlakuan. Penelitian ini berlandaskan pada asumsi bahwa motivasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik penerapan model pembelajaran Flipped Classroom, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang ditunjukkan dengan perolehan nilai N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,28 yang di interpretasikan rendah dan pada kelas eksperimen sebesar 0,60 yang di interpretasikan sedang. Siswa pada kelompok eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom mengalami peningkatan motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa pada kelompok kontrol, dilihat dari uji mann whitney yang menunjukan nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,001<0,05 yang berarti bahwa Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom memiliki pengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipped Classroom (Kelas Terbalik); Motivasi Belajar; Akidah Akhlak |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | dedeh kurniawati |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 03:47 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 03:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95407 |
Actions (login required)
View Item |