Prasetyo, Ilham Restu (2024) Pengaruh kurikulum merdeka terhadap Mutu Pendidikan di SMPN se Kecamatan Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (3).pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (286kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
Abstract
Kemunculan berbagai macam teknologi semakin memudahkan perkembangan jaman, menyebabkan perubahan pada kurikulum sekolah. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kemendikbud Ristek guna mengatasi permasalahan yang ada ialahmencanangkan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang bertujuan untuk mengasah minat dan bakat anak sejak dini dengan berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui Pertama, Kebijakan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Kedua, Strategi Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pendekatan kuantitatif berjenis korelasi yang dilakukan terhadap 29 tenaga pendidik yang sudah melakukan pelatihan kurikulum merdeka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Analisis data dilakukan dengan tahapan uji instrumen untuk mengetahui validitas dan reabilitas kuesioner, uji analisis parsial per indikator, uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas, serta uji hubungan atau korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum merdeka belajar berpengaruh dalam peningkatan mutu pendidikan di SMPN Se Kecamatan Cileunyi, yakni: (1). Kebijakan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dengan menggunakan manajemen POAC dan metode analisis SWOT (Strenght, Weakness,Opportunities, Threats) dengan fokus utama program, proyek, kegiatan, dan pemanfaatan. (2). Strategi Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan menggunakan teori juran yaitu input, process, dan output. Input: seminar, workshop, in house training, aplikasi basis teknologi Platform Merdeka Mengajar (PMM), dan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Process: Update Skill dan Ilmu Sesuai dengan Bidangnya, Aplikasi Platform Merdeka Mengajar , Wadah Diskusi MGMP dan MGMPs, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Output: memberikan hak kepada siswa untuk mengembangkan potensi, minat, bakatnya untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka; Mutu Pendidikan |
Subjects: | Curricula > Curriculum Development General Management General Management > Control and Quality Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ilham Restu restu |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 07:35 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 07:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95468 |
Actions (login required)
View Item |