Personal Branding Raihan Fahrizal melalui media sosial Tiktok dalam upaya membangun opini publik

Ariapratama, Aldi Husni (2024) Personal Branding Raihan Fahrizal melalui media sosial Tiktok dalam upaya membangun opini publik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy

Abstract

Personal branding merupakan sebuah kegiatan yang dibangun oleh seorang individu dalam membentuk citra yang baik dimasyarakat melalui ciri khas serta keterampilan atau keahlian yang dimilikinya. Memasuki era digitalisasi membuat semakin mudah seseorang untuk membangun personal branding melalui media sosial. Raihan merupakan salah satu orang yang membangun personal branding melalui media sosial Tiktok dengan username @raihanfahrizal__ sebagai content creator model and fashion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Raihan membangun personal branding melalui media sosial Tiktok yang mengacu pada konsep Circle-P yang digagas oleh Silih Agung Wasesa, terdapat lima pembentukan personal branding yang meliputi Competency, Connectivity, Creativity, Compliance dan Contribution. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dituangkan melalui metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam dan observasi partisipasi pasif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Raihan mampu untuk membangun personal branding sesuai dengan konsep personal branding yang digagas oleh Silih Agung Wasesa. Competency yang ditunjukannya berdasarkan kemampuannya sebagai seorang model. Connectivity yang Raihan bangun sebagai media yang efektif untuk membangun personal branding dan melakukan interaksi yaitu media sosial Tiktok. Creativity yang dibangun yaitu menggunakan pakaian anti mainstream, membuat konten plan, dan melakukan editing sebelum konten ditayangkan. Compliance yang dibangun dalam menjaga reputasi yaitu memperhatikan langkah yang akan diambilnya, konsisten dalam hal yang telah dibangunnya, dan melakukan evaluasi dalam kontennya sehingga kualitasnya tetap terjaga. Contribution yang dibangun yaitu memberikan konten yang bermanfaat serta relevan sehingga menjawab pertanyaan publik seputar dunia model dan memberi motivasi kepada publik. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu Raihan Fahrizal Iskandar menggunakan platform media sosial Tiktok dalam membangun personal brandingnya dan selaraas dengan teori Circle-P sehingga menciptakan opini publik yang baik terhadap dirinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding; Tiktok; Opini Publik
Subjects: Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Aldi Husni Ariapratama
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:40
Last Modified: 04 Sep 2024 04:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95475

Actions (login required)

View Item View Item