Peran kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat dalam menyelesaikan dugaan pelanggaran HAM sebagai bentuk pelayanan komunikasi masyarakat

Fadilah, Syifa Nur (2024) Peran kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat dalam menyelesaikan dugaan pelanggaran HAM sebagai bentuk pelayanan komunikasi masyarakat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstract

Pelayanan komunikasi masyarakat adalah kegiatan pelayanan yang menangani masalah pengaduan masyarakat terhadap indikasi terjadinya suatu pelanggaran HAM. Yankomas merupakan suatu bentuk apresiasi pemerintah dalam pengimplementasian perlindungan dan pemenuhan ham, karena dengan adanya yankomas maka diharapkan akan menjadikan suatu solusi dalam penyelesaian pelanggaran/permasalahan ham yang dialami oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat dalam menyelesaikan dugaan pelanggaran ham sebagai bentuk pelayanan komunikasi masyarakat sebagai regulator,dinamisator serta fasilitator. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori peran pemerintah menurut Labolo (2010) dengan tiga dimensi dalam peran pemerintah yaitu 1)peran pemerintah sebagai regulator, 2) peran pemerintah sebagai dinamisator dan 3) peran pemerintah sebagai fasilitator. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk menjawab permasalahan yang dikaji dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi proses reduksi data, model data (data display), dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil gambaran bahwa peran Kanwil Kementerian Hukum Dan HAM Jawa Barat dalam pelayanan komunikasi masyarakat sebagai regulator telah menjalankan program sesuai dengan arahan dan tugas pokoknya, sebagai dinamisator sudah cukup baik dalam menggerakan partisipasi masyarakat dengan diadakannya sosialisasi,penyuluhan kepada masyarakat dalam hal aksi ham, dan sebagai fasilitator Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat sudah cukup baik memberikan fasilitas,walaupun dalam pelaksanaan yankomas untuk menyelesaian dugaan pelanggaran ham masih terdapat kendala yang dihadapi yaitu masyarakat banyak yang kurang tahu mengenai program yankomas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Pemerintah; Yankomas; HAM
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Communities > Structure Communities
International Law > Human Rights
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Nur Fadilah Syifa
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:19
Last Modified: 03 Sep 2024 02:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95532

Actions (login required)

View Item View Item