Efektivitasretribusi pelayanan pasar di Pasar Baru Majalaya Kabupaten Bandung tahun Anggaran 2016-2020

Hasanah, Anisa Uswatun (2021) Efektivitasretribusi pelayanan pasar di Pasar Baru Majalaya Kabupaten Bandung tahun Anggaran 2016-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy

Abstract

Retribusi pelayanan pasar termasuk dalam retribusi jasa umum, yang memberikan kontribusi siginifikan untuk mendorong pertumbuhan dan kesejahteraan sosial. Manfaat retribusi pelayanan pasar kepada pengguna pasar antara lain penyediaan, penggunaan dan pemeliharaan fasilitas pasar berupa pekarangan atau perlengkapan, kios dan lapak yang dikelola oleh pemerintah daerah terpenuhi dan ditingkatkan pelayanannya. Sementara itu, kelebihan retribusi pelayanan pasar kepada pemerintah daerah adalah sebagai penyuplai penerimaan retribusi daerah dan berpotensi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Diketahui Pasar Baru Majalaya, yang merupakan bagian dari pasar di Kabupaten Bandung yang dikelola oleh pemerintah daerah di bawah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bandung merupakan pasar dengan persentase target pencapaian paling besar diantara pasar-pasar lain di bawah pengelolaan Disperindag Kabupaten Bandung sehingga menunjukkan bahwa Pasar Baru Majalaya efektif dalam mengelola retribusi pelayanan pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas retribusi pelayanan pasar di Pasar Baru Majalaya Kabupaten Bandung berdasarkan aspek kecukupan dan elastisitas, aspek keadilan dan aspek kemampuan administrasi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : 1)Retribusi pelayanan pasar di Pasar Baru Majalaya Kabupaten Bandung bisa dikatakan memenuhi kriteria Elastisitas, dimana bertambahnya jumlah penduduk dalam cakupan pelayanan Pasar Baru Majalaya diikuti dengan peningkatan penerimaan pendapataan retribusi pelayanan pasar, dan sudah memenuhi aspek kecukupan karena di Pasar Baru Majalaya memiliki modal yang cukup untuk mengimbangi pertumbuhan penduduk tersebut 2)Asas keadilan disini masih sebatas hanya pada nominal tarif saja, jika dari manfaat yang diberikan belum maksimal, intinya kualitas pelayanannya masih kurang, hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya keluhan masyarakat, salah satunya dari segi kenyamanan karena sampah. 3)Retribusi pelayanan pasar mudah ditaksir atau mudah diukur, tarif retribusi di Pasar Baru Majalaya ditentukan oleh jenis dagangan dan jenis layanan, karcis diberikan saat retribusi sudah dibayarkan oleh pengguna pasar (pedagang). Indikator selanjutnya adalah retribusi mudah dipungut yang berkaitan dengan pemungutan, tentunya tidak bisa ditentukan oleh satu aspek saja, dalam proses pelaksanaan pemungutan retribusi maka diperlukan adanya sumber daya yang berhubungan dengan pemungutan seperti sumber daya manusia, pengawasan, metode yang digunakan dalam pemungutannya, standar kerja petugas serta sarana dan prasarana penunjang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Retribusi; Pasar; Pelayanan; Pendapatan Asli Daerah
Subjects: Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Anisa Uswatun Hasanah
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:29
Last Modified: 03 Sep 2024 07:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95548

Actions (login required)

View Item View Item