Ismayanti, Linda (2024) Penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Reading And Compotision) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Qur'an hadis: Penelitian quasi eksperimen pada Kkelas VIII MTs Muslimin Jati Saguling Bandung Barat). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (609kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (660kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan terkait pelaksanaan pembelajaran dalam kelas, metode yang biasa digunakan guru adalah ceramah. Hal ini memengaruhi pada hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah, termasuk pada ranah kognitif. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang di dalam pelaksanaannya menerapkan Model pembelajaran CIRC. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui bagaimana penerapan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Compotision) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadis di Mts Muslimin jati Saguling Bandung Barat. (2) Mengetahui bagaimana hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an hadis di Mts Muslimin jati Saguling Bandung Barat. (3) Mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Compotision) mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadis di Mts Muslimin jati Saguling Bandung Barat. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa metode CIRC merupakan salah satu metode pembelajaran aktif yang dapat meningkatkan bacaan dan tulisan. Berdasarkan hal tersebut, hipotesis yang diajukan adalah Ha penerapan metode CIRC terdapat peningkatan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan adalah Pretest and Posttest. Bentuk desain tersebut dilakukan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, (1) Proses pembelajaran dengan menerapkan model CIRC terlaksana dengan sangat baik. Hal ini berdasarkan pada rata-rata hasil observasi guru dengan skor 86% kriteria “Sangat Baik” dan rata-rata observasi siswa sebesar 82,96% kriteria “Baik”. (2) Hasil belajar kognitif siswa setelah menerapkan model CIRC pada kelas Eksperimen memperoleh rata-rata nilai 76,30, sedangkan kelas kontrol rata-rata nilai 59,35. Dari hasil perolehan tersebut dapat di simpulkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol. (3) Pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative integrated reading and compotision) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadis materi Keseimbangan Hidup Dunia dan Akhirat memiliki pengaruh nilai sig lebih kecil dari o,oo5 yaitu 0,000 dengan ditandai perbedaan hasil n-gain 48% untuk kelas eksperimen dengan kategori “kurang efektif” sedangkan kelas control 30% dengan kategori “tidak efektif”. Kata kunci: Model, CIRC, Hasil Belajar Kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model; CIRC; hasil belajar kognitif siswa |
Subjects: | Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Linda Ismayanti |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 23:03 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 23:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95614 |
Actions (login required)
View Item |