Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan emotional intelligence siswa: Penelitian dilakukan kepada siswa kelas VIII di MTs Al-Hijrah Cimaung-Bandung

Fadhilah, Inda (2018) Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan emotional intelligence siswa: Penelitian dilakukan kepada siswa kelas VIII di MTs Al-Hijrah Cimaung-Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Perilaku siswa yang tidak bisa dikendalikan salah satunya disebabkan oleh rendahnya kecerdasan emosional siswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional tersebut adalah dengan bimbingan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program bimbingan keagamaan yang dilakukan kepada siswa, pelaksanaan bimbingan keagamaan untuk meningkatkan emotional intelligence siswa, serta peningkatkan emotional intelligence siswa setelah melaksanakan bimbingan keagamaan di MTs Al-Hijrah Cimaung. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa bimbingan keagamaan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Adapun dalam menganalisis data yaitu dengan mengumpulkan data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa program bimbingan keagamaan memiliki beberapa komponen, yaitu rasional, visi dan misi, deskripsi kebutuhan, tujuan program, rencana operasional atau rencana program, sasaran program, personil pelaksana program, media dan alat pendukung, serta evaluasi, sehingga program bimbingan menjadi dasar layanan bimbingan keagamaan. Pelaksanaan bimbingan kegamaan untuk meningkatkan emotional intelligence siswa di MTs Al-Hijrah Cimaung dibagi menjadi lima jenis kegiatan, yaitu membaca dan mengkaji al-Qur’an, shalat dhuha, shalat dzuhur berjama’ah, safari dakwah, dan pengajian (Raudhatut ta’lim asy-syahriyah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa setelah mendapat bimbingan keagamaan dikategori sangat tinggi. Hal tersebut dipertegas dari aspek kecerdasan emosional yaitu mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya kegiatan bimbingan keagamaan dapat meningkatkan emotional intelligence siswa di MTs Al-Hijrah Cimaung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Emotional Intelligence
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Inda Fadhilah
Date Deposited: 24 May 2018 03:57
Last Modified: 24 May 2018 03:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9566

Actions (login required)

View Item View Item