Fadhilah, Inda (2018) Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan emotional intelligence siswa: Penelitian dilakukan kepada siswa kelas VIII di MTs Al-Hijrah Cimaung-Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
Abstract
Perilaku siswa yang tidak bisa dikendalikan salah satunya disebabkan oleh rendahnya kecerdasan emosional siswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional tersebut adalah dengan bimbingan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program bimbingan keagamaan yang dilakukan kepada siswa, pelaksanaan bimbingan keagamaan untuk meningkatkan emotional intelligence siswa, serta peningkatkan emotional intelligence siswa setelah melaksanakan bimbingan keagamaan di MTs Al-Hijrah Cimaung. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa bimbingan keagamaan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Adapun dalam menganalisis data yaitu dengan mengumpulkan data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa program bimbingan keagamaan memiliki beberapa komponen, yaitu rasional, visi dan misi, deskripsi kebutuhan, tujuan program, rencana operasional atau rencana program, sasaran program, personil pelaksana program, media dan alat pendukung, serta evaluasi, sehingga program bimbingan menjadi dasar layanan bimbingan keagamaan. Pelaksanaan bimbingan kegamaan untuk meningkatkan emotional intelligence siswa di MTs Al-Hijrah Cimaung dibagi menjadi lima jenis kegiatan, yaitu membaca dan mengkaji al-Qur’an, shalat dhuha, shalat dzuhur berjama’ah, safari dakwah, dan pengajian (Raudhatut ta’lim asy-syahriyah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa setelah mendapat bimbingan keagamaan dikategori sangat tinggi. Hal tersebut dipertegas dari aspek kecerdasan emosional yaitu mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya kegiatan bimbingan keagamaan dapat meningkatkan emotional intelligence siswa di MTs Al-Hijrah Cimaung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Keagamaan; Emotional Intelligence |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Inda Fadhilah |
Date Deposited: | 24 May 2018 03:57 |
Last Modified: | 24 May 2018 03:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/9566 |
Actions (login required)
View Item |