Pengaruh penggunaan sistem informasi berbasis aplikasi terhadap kinerja tenaga pendidik: Penelitian pada Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Persis Tarogong Kidul Kabupaten Garut

Fitriani, Putri Tsani Sayidah (2024) Pengaruh penggunaan sistem informasi berbasis aplikasi terhadap kinerja tenaga pendidik: Penelitian pada Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Persis Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy

Abstract

Adanya perkembangan teknologi pada lembaga pendidikan, sumber daya manusia harus mempunyai kemampuan memahami penggunaan teknologi. Salah satunya adalah penggunaan sistem informasi berbasis aplikasi. Sistem informasi berbasis aplikasi adalah program aplikasi yang berjalan menggunakan basis teknologi yang membantu dalam pengolahan suatu data agar lebih tepat dan cepat. Ditemukan masih terdapat beberapa lembaga pendidikan yang masih menggunakan sistem secara manual atau konvensional. Tenaga pendidik sebagai penentu kualitas suatu lembaga dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi sebagai sarana dalam mengoptimalkan kinerjanya karena akan berpengaruh pada peningkatan mutu dari suatu instansi pendidikan. Sehingga penggunaan sistem informasi berbasis aplikasi bagi tenaga pendidik dilakukan untuk mengukur sejauh mana pegawai mencapai tujuan dan standar kinerja yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penggunaan sistem informasi berbasis aplikasi, 2) Mengetahui realitas kinerja tenaga pendidik, 3) Menganalisis pengaruh penggunaan sistem informasi berbasis aplikasi terhadap kinerja tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Persis Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Dengan adanya sistem informasi berbasis aplikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 orang tenaga pendidik Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Persis Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh melalui kuesioner/angket dengan pengukuran data skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengujian secara statistik menunjukan perhitungan, 1) Penggunaan sistem informasi berbasis aplikasi (X) berada pada kualifikasi “Sangat Tinggi” dengan nilai rata-rata sebesar 4,22. 2) Kinerja tenaga pendidik (Y) berada pada kualifikasi “Tinggi” dengan nilai rata-rata sebesar 4,04. 3) Berdasarkan hasil uji signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan sistem informasi berbasis aplikasi terhadap kinerja tenaga pendidik. Hal ini dibuktikan juga dengan pengujian koefisien determinasi dengan perolehan nilai sebesar 0,396 atau 39,6%. Maka dapat disimpulkan bahwa 39,6% variabel kinerja tenaga pendidik dapat dijelaskan oleh variabel penggunaan sistem informasi berbasis aplikasi. Sedangkan 60,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor diluar dari penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi; Aplikasi; Kinerja Tenaga Pendidik
Subjects: Islam Umum
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Putri Tsani Sayidah Fitriani
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:15
Last Modified: 03 Sep 2024 08:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95666

Actions (login required)

View Item View Item