Manajemen pelayanan pada penyelenggaraan haji ramah lansia melalui aplikasi Saudi Visa Biometric: Penelitian di seksi penyelenggaraan haji dan umrah kementerian Agama Kabupaten Bandung

Panani, Muh. Jihan (2024) Manajemen pelayanan pada penyelenggaraan haji ramah lansia melalui aplikasi Saudi Visa Biometric: Penelitian di seksi penyelenggaraan haji dan umrah kementerian Agama Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia: Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Bandung sebagai instansi penyelenggaraan Haji dan Umrah melaksanakan pengaplikasian Saudi Visa Biometric yang mana aplikasi ini diterbitkan oleh Kementerian Luar Negeri Saudi Arabia untuk memudahkan jemaah haji dan umrah dalam proses permohonan visa haji dan umrah yang diawali pada tahun 2023. Tujuan peneliti yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pelayanan pada penyelenggaraan haji ramah lansia melalui aplikasi Saudi Visa Biometric, sumber daya manusia pada pelayanan aplikasi Saudi Visa Biometric pada penyelenggaraan haji ramah lansia, dan sistem pelayanan dari Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Bandung. Teori yang digunakan yaitu suatu model interaktif manajemen pelayanan yang menyatukan antara institusi dengan jemaah yaitu Service Triangle menurut Albert dan Zemke yang dikutip oleh Zulian Yamit (2004:23) Model tersebut terdiri dari tiga elemen dengan pelanggan sebagai titik fokus yaitu strategi pelayanan (service strategy) sumber daya manusia yang memberikan pelayanan (service people) dan sistem pelayanan (service system). Paradigma penelitian ini yaitu konstruktivisme dengan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Dengan mengumpulkan informasi atau data catatan mengenai Manajemen Pelayanan Pada Penyelenggaraan Haji Ramah Lansia Melalui Aplikasi Saudi Visa Biometric di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Bandung. Pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui : pertama, strategi pelayanan dibagi menjadi 3 tahapan, pertama sosialisasi mengenai Saudi Visa Biometric terhadap Calon Jemaah haji Kabupaten Bandung, kedua berkoordinasi dengan KBIHU, serta menampung kendala atau permasalahan. Kedua, Sumber Daya Pelayanan yang telah mengikuti bimbingan teknis dan sosialisasi menghasilkan pelayanan yang memenuhi pelayanan yang profesional. Ketiga, sistem pelayanan haji dan umrah dapat menggunakan aplikasi Saudi Visa Biometric, yang dimana aplikasi ini memungkinkan jemaah haji ataupun jemaah haji lansia bisa mengajukan visa secara online dengan mudah praktis dan efisien. English: The Haj and Umra Maintenancing Section of the Bhagavad Gita Ministry as the maintenance agency of Hajj & Umrah carried out the application of Saudi Biometrics Visa which was issued by the Saudi Foreign Ministry to facilitate Hajj and umrah gatherings in the process of application for Haji and umra visas that began in 2023. The goal of the researchers is to find out how the strategy of service on maintenance of Haji friendly senior visiting the Saudi applications Biometrical Visa, human resources on the service of the Saudi Biometry Visa application on the organization of Hajj Friendly lansia, and the service system of the Hajj Maintenances Section and Umre Ministry. The theory used is an interactive model of service management that unites between the institution and the congregation, the Service Triangle according to Alercht and Zenke cited by Zulian Yamit (2004:23) The model consists of three elements with customers as focal points: service strategy, service people, and service system. The paradigm of this research is constructivism with descriptive methods of qualitative approaches. This research is intended to gather information or record data about the management of services on maintenance of Haji Friendly Lansia Melaui Application Saudi Visa Biometric in the Haji Maintenance Section and Umrah Ministry of Religion district of Bandung. Researchers collect data by conducting in-depth interviews, observations and documentation. Based on the results of the research it is known: first, the service strategy is divided into three stages, first we socialize about the Saudi Biometric Visa against the candidate Jemaah Haji district of Bandung, secondly coordinate with KBIHU, as well as covering obstacles or problems. Second, Service Resources that have followed technical and social guidance produce services that meet professional service. Thirdly, the Hajj and Umrah service system can use the Saudi Biometric Visa application, which allows either Hajj or senior Hajj congregation to apply for a visa online with ease and efficiency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelayanan; Haji Ramah Lansia; Aplikasi Saudi Visa Biometric
Subjects: General Management
Public Performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: muh jihan panani
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:00
Last Modified: 05 Sep 2024 03:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95810

Actions (login required)

View Item View Item