Dampak penutupan TikTok Shop oleh pemerintah terhadap pemulihan pedagang konvensional di Pasar Cikajang Kabupaten Garut.

Hartini, Siti Dewi (2024) Dampak penutupan TikTok Shop oleh pemerintah terhadap pemulihan pedagang konvensional di Pasar Cikajang Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penutupan Tiktok Shop yang dilakukan pemerintah yang dimana sebelumnya Tiktok Shop menimbulkan dampak yang negatif bagi pedagang konvensional di Indonesia. Dalam penelitian ini apakah penutupan tiktok tersebut berdampak terhadap pedagang konvensional Pasar Cikajang Kabupaten Garut. Tujuan penelitian ini untuk memahami bagaimana penutupan Tiktok Shop memengaruhi pedagang konvensional di Pasar Cikajang apakah penutupan Tiktok Shop memberikan dampak yang positif berupa peningkatan penjualan dan pelanggan, atau apakah ada tantangan baru yang muncul. Penelitian ini menggunakan teori globalisasi Anthony Giddens. Dalam pandagan Giddens globalisasi sebagai intensifikasi hubungan sosial di seluruh dunia yang menghubungkan lokasi-lokasi yang jauh sehingga peristiwa-peristiwa lokal dapat dipengaruhi oleh peristiwa-peristiwa yang terjadi di belahan dunia lain dan sebaliknya. Penutupan Tiktok Shop sebagai fenomena globalisasi teknologi berdampak langsung pada ekonomi lokal di Pasar Cikajang. Globalisasi ekonomi melalui marketplace telah mengubah cara pedagang konvensional beroperasi, dengan kehadiran platform online yang menjadi pesaing signifikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis data kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu sumber primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi dan data primer yang diperoleh dari buku, laporan dan penelitian terdahulu. Teknik pemilihan informan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dimana pengambilan sampel dilakukan dengan cara memberikan penilaian sendiri pada sampel di antara populasi sesuai dengan kriteria topik penelitian. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penutupan Tiktok Shop sangat berpengaruh terhadap pedagang konvensional khususnya pasar cikajang dimana setelah kemunculan tiktok shop yang membuat pedagang konvensional mengalami penurunan yang sangat pesat bagi pedagang konvensional Pasar Cikajang. Penutupan Tiktok Shop ini juga menjadi hal yang ditunggu-tunggu bagi pedagang konvensional. Setelah ditutupnya Tiktok Shop pedagang konvensional kembali mengalami peningkatan penjualan meski tidak sebanyak seperti sebelum hadirnya Tiktok Shop. Dengan penutupan tiktok shop membuat pedagang konvensional pasar cikajang melakukan upaya-upaya supaya dapat tetap bertahan di era globalisai ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konvensional; Pasar; Tiktok
Subjects: Social Process > Social Change
Administration of Economy > Administration of Industries
General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Siti Dewi Hartini
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:26
Last Modified: 04 Sep 2024 06:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95828

Actions (login required)

View Item View Item