pengaruh bimbingan melalui tadabur alquran dalam meningkatkan spiritualitas remaja : studi penelitian di lembaga pembinaan khusus anak kelas ii bandung

Jamil, Nuraisyah (2018) pengaruh bimbingan melalui tadabur alquran dalam meningkatkan spiritualitas remaja : studi penelitian di lembaga pembinaan khusus anak kelas ii bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Bimbingan tadabur Alquran merupakan salah satu kegiatan yang ada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak LPKA Kelas II Bandung adanya bimbingan tadabur Alquran dilatar belakangi oleh banyaknya anak remaja yang jauh dari agama, kehilangan jati dirinya dan kurangnya pendidikan spiritualitas terhadap dirinya sehingga banyak remaja yang terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif. Oleh karena itu tujuan dari adanya bimbingan tadabur Alquran adalah agar remaja dapat membangun integritas diri agar mendorong mereka menuju puncak kemuliaan, kesempurnaan dan kebahagiaan didunia maupun diakhirat. Tujuan dari penelitian ini yaitu: mengetahui bagaimana pengaruh bimbingan tadabur Alquran dalam meningkatkan spiritualitas remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak LPKA Kelas II Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori bimbingan agama yang berupa teori monistik dan teori fakulti. Teori ini merupakan teori dari Thomas Van Aquino dan G.M Straton (dalam Bambang Syamsul Arifin, 2008: 37-45). Asumsi dasarnya yaitu sumber kejiwaan adalah agama. Penlitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan studi kepustakaan selain itu, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh: Bimbingan melalui tadabur Alquran bahwa pembimbing memiliki pengetahuan, metodologi dan teknik bimbingan dan anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung memiliki pemahaman serta ajaran agama Islam, kondisi spiritualitas remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak LPKA Kelas II Bandung sudah meningkat, hal tersebut dapat dilihat dari pengalaman ibadah, memiliki tujuan hidup, mempunyai keterkaitan dengan yang Maha Kuasa, dapat berinteraksi sosial dan tanggung jawab terhadap hidupnya dalam melaksanakan kewajiban. Analisis hasil penelitian menunujukkan H1 diterima artinya terdapat pengaruh positif terhadap bimbingan tadabur Alquran dalam peningkatan spiritualitas remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak LPKA Kelas II Bandung. Adapun besar pengaruh dari nilai koefisien determinasi (R Squer) sebesar 60,9% yaitu adanya pengaruh bimbingan melalui tadabur Alquran dalam meningkatkan spiritualitas remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung dan 39,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Koefisien regresi variabel bimbingan tadabur Alquran sebesar 0,784 artinya jika bimbingan tadabur Alquran mengalami kenaikan 1, maka peningkatan spiritualitas remaja mengalami peningkatan sebesar 0,784. Kata kunci : Bimbingan, Tadabur Alquran, Spiritualitas Remaja

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Tadabur Alquran; Spiritualitas Remaja
Subjects: Physiology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nur aisyah jamil
Date Deposited: 24 May 2018 07:42
Last Modified: 05 Nov 2018 03:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9588

Actions (login required)

View Item View Item