Pengembangan E-comic pada materi dampak pembakaran hidrokarbon berorientasi literasi kimia

Farda Aini, Khafiyya (2024) Pengembangan E-comic pada materi dampak pembakaran hidrokarbon berorientasi literasi kimia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)

Abstract

E-comic adalah format komik yang disajikan secara digital. Dengan menggabungkan elemen visual yang menarik dan narasi yang mudah dipahami, e-comic termasuk cara efektif untuk mengajarkan konsep-konsep ilmiah yang kompleks, seperti dampak pembakaran hidrokarbon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dan desain, menganalisis hasil uji validasi dan uji kelayakan, serta mendeskripsikan tampilan mengenai e-comic pada materi dampak pembakaran hidrokarbon berorientasi literasi kimia. Dengan adanya media ini diharapkan dapat menumbuhkan literasi peserta didik pada materi dampak pembakaran hidrokarbon. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model penelitian ADDIE. Pada penelitian ini hanya melewati tiga tahap yaitu analisis, perancangan, dan pengembangan. Produk yang dihasilkan berupa e-comic pada materi dampak pembakaran hidrokarbon berorientasi literasi kimia. Uji validasi dilakukan oleh tiga validator yaitu dua dosen ahli materi dan dosen ahli media. Rata-rata nilai rhitung uji validasi sebesar 0,92 dari aspek pembelajaran, substansi materi, bahasa, literasi, dan grafika masing-masing sebesar 0,92; 0,95; 0,89; 0,92; 0,92. Maka e-comic yang dibuat dinyatakan layak. Selanjutnya produk diuji kelayakannya kepada 15 mahasiswa calon guru kimia. Rata-rata nilai uji kelayakan sebesar 91,44% dari aspek pembelajaran, substansi materi, bahasa, dan grafika masing-masing sebesar 92,7%, 91,7%, 92%, 89,4%. Berdasarkan hasil tersebut, maka e-comic yang disajikan dapat dinyatakan layak sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-comic; Dampak Pembakaran Hidrokarbon; Literasi Kimia
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Chemistry and Allied Science
Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Khafiyya Farda Aini
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:16
Last Modified: 04 Sep 2024 03:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95893

Actions (login required)

View Item View Item