Farda Aini, Khafiyya (2024) Pengembangan E-comic pada materi dampak pembakaran hidrokarbon berorientasi literasi kimia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
bab 1.pdf Download (364kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
||
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
||
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
Abstract
E-comic adalah format komik yang disajikan secara digital. Dengan menggabungkan elemen visual yang menarik dan narasi yang mudah dipahami, e-comic termasuk cara efektif untuk mengajarkan konsep-konsep ilmiah yang kompleks, seperti dampak pembakaran hidrokarbon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dan desain, menganalisis hasil uji validasi dan uji kelayakan, serta mendeskripsikan tampilan mengenai e-comic pada materi dampak pembakaran hidrokarbon berorientasi literasi kimia. Dengan adanya media ini diharapkan dapat menumbuhkan literasi peserta didik pada materi dampak pembakaran hidrokarbon. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model penelitian ADDIE. Pada penelitian ini hanya melewati tiga tahap yaitu analisis, perancangan, dan pengembangan. Produk yang dihasilkan berupa e-comic pada materi dampak pembakaran hidrokarbon berorientasi literasi kimia. Uji validasi dilakukan oleh tiga validator yaitu dua dosen ahli materi dan dosen ahli media. Rata-rata nilai rhitung uji validasi sebesar 0,92 dari aspek pembelajaran, substansi materi, bahasa, literasi, dan grafika masing-masing sebesar 0,92; 0,95; 0,89; 0,92; 0,92. Maka e-comic yang dibuat dinyatakan layak. Selanjutnya produk diuji kelayakannya kepada 15 mahasiswa calon guru kimia. Rata-rata nilai uji kelayakan sebesar 91,44% dari aspek pembelajaran, substansi materi, bahasa, dan grafika masing-masing sebesar 92,7%, 91,7%, 92%, 89,4%. Berdasarkan hasil tersebut, maka e-comic yang disajikan dapat dinyatakan layak sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-comic; Dampak Pembakaran Hidrokarbon; Literasi Kimia |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Chemistry and Allied Science Chemistry and Allied Science > Chemists |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Khafiyya Farda Aini |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 03:16 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 03:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95893 |
Actions (login required)
View Item |