Penguatan moderasi beragama melalui literasi digital di jawa barat: Penelitian di MAN 5 Kab. Bogor, MAN 4 Kab. Sukabumi, MAN 1 Kab. Sumedang dan MAN 1 Kota Bekasi

Mahyani, Aang (2024) Penguatan moderasi beragama melalui literasi digital di jawa barat: Penelitian di MAN 5 Kab. Bogor, MAN 4 Kab. Sukabumi, MAN 1 Kab. Sumedang dan MAN 1 Kota Bekasi. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dan kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi yang memberikan pengaruh besar di berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Penguatan moderasi beragama melalui literasi digital ini menangkap potensi perkembangan teknologi yang lebih interaktif dan terstruktur terkait moderasi beragama. Dengan ini diharapkan para pengguna dapat lebih mudah mengakses hasil tes moderasi beragama dan mengukur sikap moderat peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Menganalisis kebutuhan penguatan moderasi beragama melalui literasi digital; 2) Menghasilkan desain mobile aplikasi penguatan moderasi beragama melalui literasi digital; 3) Mengembangkan model mobile aplikasi penguatan moderasi beragama melalui literasi digital; 4) Uji validasi mobile aplikasi penguatan moderasi beragama melalui literasi digital; 5) Menghasilkan model mobile aplikasi penguatan moderasi beragama melalui literasi digital; dan 6) Evaluasi mobile aplikasi penguatan moderasi beragama melalui literasi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi (mix methods), dan model penelitian yang digunakan yaitu analysis, design, develop, implementation, and evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumentasi, observasi, dan tes. Adapun objek penelitian yaitu peserta didik MAN 5 Kab. Bogor, MAN 4 Kab. Sukabumi, MAN 1 Kab. Sumedang dan MAN 1 Kota Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Hasil analisis kebutuhan penguatan moderasi beragama melalui literasi digital sangat dibutuhkan oleh pengguna. 2) Menghasilkan disain mobile aplikasi penguatan moderasi beragama melalui literasi digital. 3) Menghasilkan mobile aplikasi model penguatan moderasi beragama melalui literasi digital. 4) Hasil Uji Validasi penguatan moderasi beragama melalui literasi digital berada pada kategori baik dengan skor 3.85. 5) Hasil implementasi mobile aplikasi penguatan moderasi beragama melalui literasi digital, di MAN 5 Kab Bogor berjalan dengan baik, dengan skor 3,66, MAN 4 Kab Sukabumi berjalan sangat baik, dengan skor 3,83, MAN 1 Kab Sumedang berjalan baik, dengan skor 3,50 dan MAN 1 Kota Bekasi berjalan sangat baik, dengan skor 4,00. 6) Hasil evaluasi mobile aplikasi penguatan moderasi beragama melalui literasi digital dilaksanakan sampai pada evaluasi formatif bertujuan untuk kebutuhan revisi mobile aplikasi penguatan moderasi beragama.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama; Literasi Digital; Mobile Aplikasi
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam
Depositing User: Aang Mahyani
Date Deposited: 04 Sep 2024 05:47
Last Modified: 04 Sep 2024 05:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95996

Actions (login required)

View Item View Item