Dakwah berbasis media sosial Instagram : Studi tentang manajemen pengelolaan pesan dakwah pada akun Instagram @Ismaelalkholilie

Awaliyah, Afriani (2024) Dakwah berbasis media sosial Instagram : Studi tentang manajemen pengelolaan pesan dakwah pada akun Instagram @Ismaelalkholilie. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract

Muhammad Ismael Al-Kholilie merupakan keturunan Syaikhona Khalil Bangkalan yang merupakan Ulama Besar tanah air. Lora Ismael selalu menyampaikan dakwahnya dengan cara yang berbeda seperti membahas masalah yang sedang viral menurut pandangan ilmiiah. Hal inilah yang membuat followers akun insragram @ismaelalkholilie semakin bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Lora Ismael melakukan Manajemen pengelolaan pesan dakwah pada akun instagramnya. Fokus penelitian ini mencakup tiga aspek yaitu share, optimize, manage, dan engage. Adapun teori penelitian ini menggunakan teori Circular Model of Some for Social Communication yang digunakan untuk menganalisis temuan pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan gambaran dari proses yang mendalam tentang manajemen pengelolaan pesan dakwah pada akun Instagram @ismaelelkholilie. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang valid mengenai manajemen pengelolaan pesan dakwah pada akun Instagram @ismaelelkholilie. Setelah melakukan pengumpulan data, peneliti menganalisis data menggunakan konsep koding Miles et.al (2014) dengan mengidentifikasi kata atau kalimat ke dalam lima kategori yaitu descriptive, emotion, process, values dan evaluation. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pengelolaan pesan dakwah pada akun Instagram @ismaelelkholilie terbagi empat aspek. Share: Interaksi langsung melalui QnA dan respon cepat terhadap pesan. Optimize: Mendengarkan masukan followers sebagai bagian dari komunikasi dua arah. Manage: Pemantauan media sosial Instagram efektif dalam menyebarkan dakwah, terutama melalui konten visual seperti quotes dan pesan motivasi yang mempengaruhi psikologis followers. Engage: Pemilihan kata yang tepat, bahasa relevan, dan evaluasi konten yang berkelanjutan membangun hubungan kuat antara da’i dan mad’u. Hal ini menunjukkan bahwa manajemen yang terstruktur dan terencana dapat meningkatkan efektivitas dakwah di Instagram, membangun hubungan yang lebih kuat dengan followers, serta menciptakan dampak positif dalam kehidupan mereka. Kata Kunci : Manajemen, Dakwah, Lora Ismael, Instagram.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Dakwah; Lora Ismael; Instagram
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Afriani AA Awaliyah
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:14
Last Modified: 05 Sep 2024 03:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96094

Actions (login required)

View Item View Item