Priatna, Tedi (2015) Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah berwawasan kebangsaan : Studi kasus di Sekolah Menengah Atas Terpadu Krida Nusantara Kota Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (Disertasi)
FINAL DISERTASI TEDI PRIATNA DGN COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran PAI di SMAT Krida Nusantara, diselenggarakan di kelas dan di luar kelas mengacu pada kurikulum nasional dan muatan lokal. Pembelajaran PAI di luar kelas bukan merupakan ekstrakurikuler pilihan, tapi merupakan tuntutan kedua kurikulum tersebut. (2) Fokus model pembelajaran PAI di SMAT Krida Nusantara adalah membentuk akhlak mulia. Sintaks mengembangkan pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif. Sistem sosial dan suasana pembelajaran dibangun melalui pembiasaan. Faktor pendukung di antaranya adalah pendidikan agama sebagai pilar pendidikan, kemampuan guru yang baik, dan ketersediaan sarana prasarana. (3) Model pembelajaran PAI di sekolah berwawasan kebangsaan diintegrasikan dengan sistem terpadu boarding school dan sekolah wiyata mandala melalui pendisiplinan sebagai karakter utama budaya sekolah.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam |
Depositing User: | Tedi Priatna |
Date Deposited: | 26 May 2018 22:55 |
Last Modified: | 26 May 2018 22:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/9614 |
Actions (login required)
View Item |