Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah berwawasan kebangsaan : Studi kasus di Sekolah Menengah Atas Terpadu Krida Nusantara Kota Bandung

Priatna, Tedi (2015) Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah berwawasan kebangsaan : Studi kasus di Sekolah Menengah Atas Terpadu Krida Nusantara Kota Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Disertasi)
FINAL DISERTASI TEDI PRIATNA DGN COVER.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran PAI di SMAT Krida Nusantara, diselenggarakan di kelas dan di luar kelas mengacu pada kurikulum nasional dan muatan lokal. Pembelajaran PAI di luar kelas bukan merupakan ekstrakurikuler pilihan, tapi merupakan tuntutan kedua kurikulum tersebut. (2) Fokus model pembelajaran PAI di SMAT Krida Nusantara adalah membentuk akhlak mulia. Sintaks mengembangkan pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif. Sistem sosial dan suasana pembelajaran dibangun melalui pembiasaan. Faktor pendukung di antaranya adalah pendidikan agama sebagai pilar pendidikan, kemampuan guru yang baik, dan ketersediaan sarana prasarana. (3) Model pembelajaran PAI di sekolah berwawasan kebangsaan diintegrasikan dengan sistem terpadu boarding school dan sekolah wiyata mandala melalui pendisiplinan sebagai karakter utama budaya sekolah.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Tedi Priatna
Date Deposited: 26 May 2018 22:55
Last Modified: 26 May 2018 22:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9614

Actions (login required)

View Item View Item