Fadhilah, Syifa Afianti Nur (2024) Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) dalam meningkatkan kemampuan berpikir geometri dan persistence siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (345kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir geometri dan persistence siswa yang masih perlu ditingkatkan merupakan hal yang melatarbelakangi penelitian ini. Dengan demikian, tujuan penelitian ini untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir geometri dan persistence siswa menggunakan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS). Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT Qordova Rancaekek dengan metode kuasi eksperimen menggunakan desain penelitian the nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VIII-A dan VIII-B yang masing-masing kelas berjumlah 30 dan 31 siswa yang dipilih melalui teknik simple purposive sampling dari populasi kelas VIII yang berjumlah lima kelas. Hasil dari penelitian ini di antaranya: 1) Kemampuan berpikir geometri siswa yang menggunakan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) tidak lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Sikap persistence siswa yang menggunakan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) tidak lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Meskipun berdasarkan analisis data penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) tidak lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, namun penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving tetap meningkatkan kemampuan berpikir geometri siswa dan sikap persistence siswa dengan melihat nilai N-gain. Sehingga pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir geometri dan sikap persistence siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Double Loop Problem Solving (DLPS); Kemampuan Berpikir Geometri; Persistence Siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Syifa Afianti Nur Fadhilah |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 09:00 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 09:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96160 |
Actions (login required)
View Item |