Maulida, Kirana (2024) Persepsi masyarakat terhadap pendidikan tinggi bagi kaum perempuan: Penelitian di desa Tambakbaya kecamatan Cisurupan kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (304kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
Abstract
Partisipasi perempuan dalam pendidikan tinggi di daerah pedesaan masih rendah. Hal ini disebabkan karena adanya stigma yang berkaitan dengan pandangan tradisional yaitu perempuan ditempatkan pada ranah domestik. Sehingga melanjutkan pendidikan bagi perempuan dianggap tidak perlu. Namun, tidak semua partisipasi perempuan di daerah pedesaan rendah. Terdapat daerah pedesaan yang pendidikan tinggi nya lebih didominasi oleh perempuan. Ini berkaitan dengan perubahan persepsi masyarakat mengenai pendidikan tinggi bagi perempuan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tingkat pendidikan tinggi kaum perempuan yang ada di Desa Tambakbaya Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. Mengetahui persepsi masyarakat tentang pendidikan tinggi bagi kaum perempuan. Serta mengetahui bagaimana persepsi masyarakat mengenai pendidikan bagi kaum perempuan terbentuk. Dalam teori interaksionisme yang digagas oleh George Herbert Mead, interaksi sosial memiliki dampak terhadap perkembangan persepsi masyarakat. Ini dapat terlihat dari tiga konsep yaitu mind, self, and society. Mind merupakan kemampuan individu dalam memaknai sesuatu. Self adalah kemampuan individu untuk melihat dirinya dari perspektif orang lain. Society ialah hubungan antara individu dengan masyarakat, persepsi masyarakat dipengaruhi oleh interaksi individu dalam memaknai simbol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap pendidikan tinggi bagi perempuan. Sumber data diperoleh dari tiga sub kelompok partisipan yaitu masyarakat berpendidikan dan tidak berpendidikan serta tokoh masyarakat. Pengumpulan data yang digunakan ialah observasi partisipan, wawancara tidak terstruktur bersifat terbuka, dan kajian pustaka. Analisis data dengan model Creswell meliputi mengolah data, membaca data, meng-coding data, terapkan coding untuk mendeskripsikan setting, pendekatan naratif, memaknai data. Lokasi penelitian ini di Desa Tambakbaya Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi masyarakat terhadap pendidikan tinggi bagi perempuan dipengaruhi oleh konsep interaksionisme simbolik yaitu mind, self and society. Konsep mind memperlihatkan perubahan makna pada stigma bagi perempuan yang ada di masyarakat desa Tambakbaya. Self dibentuk oleh interaksi sosial, yang dimana bagi masyarakat pendidikan perempuan dipersepsikan sebagai sesuatu yang positif. Society berkaitan dengan perubahan norma mengenai pendidikan tinggi bagi perempuan yang dipengaruhi oleh interaksi. Perbedaan latar belakang pendidikan, keluarga, ekonomi dan lingkungan tidak menjadi hambatan bagi masyarakat dalam memberikan kesempatan bagi perempuan untuk melanjutkan pendidikan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi masyarakat; pendidikan perempuan; pendidikan tinggi |
Subjects: | Social Groups Communities > Villages Higher Education, Universities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Maulida Kirana |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 06:22 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 06:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96193 |
Actions (login required)
View Item |