Perubahan perilaku ekonomi masyarakat Home Industry Petani Ubi Cilembu : Penelitian di Kampung Pamulihan Desa Ciptasari Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang

Ananda, Ilham Ayatulloh (2024) Perubahan perilaku ekonomi masyarakat Home Industry Petani Ubi Cilembu : Penelitian di Kampung Pamulihan Desa Ciptasari Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat desa Ciptasari pada awalnya mereka adalah masyarakat yang agraris dimana mayoritas penduduknya adalah seorang petani dan buruh tani, kehidupan mereka bergantung terhadap hasil panen dari ladang mereka. Petani desa Ciptasari terkenal dengan olahan ubi cilembu nya yang berkualitas, sehingga hal itu dapat menjadikan keunggulan dari desa-desa lain yang ada di kecamatan Pamulihan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perubahan pola pikir ekonomi masyarakat Desa Ciptasari, lalu mengetahui faktor yang mempengaruhi terjadinya pola pikir ekonomi petani ubi Cilembu, dan dampak, bagi masyarakat agraris desa Ciptasari yang mengalami perubahan ke masa post-industri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Pengambilan Keputusan dari George R. Terry dan Eisenfuhr menyatakan bahwa pengambilan keputusan adalah proses membuat pilihan dari sejumlah alternatif untuk mencapai hasil yang diinginkan. Definisi ini memiliki tiga kunci elemen. Pertama, pengambilan keputusan melibatkan membuat pilihan dari sejumlah pilihan. Kedua, pengambilan keputusan adalah proses yang melibatkan lebih dari sekedar pilihan akhir dari antara alternatif. Ketiga, "hasil yang diinginkan" yang disebutkan dalam definisi melibatkan tujuan atau target yang dihasilkan dari aktivitas mental bahwa pembuat keputusan terlibat dalam mencapai keputusan akhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif. Dalam pengambilan data menggunakan beberapa macam teknik pengumpulan data melalui wawancara secara langsung, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya perubahan masa yang terjadi pada masyarakat desa Ciptasari yang awalnya merupakan masyarakat agraris yang hidup dengan mengandalkan pertanian dan ladang saja, sekarang berpindah menjadi masyarakat Home Industry, dimana pekerjaan dengan perdagangan lebih diminati dan menguntungkan. Banyaknya masyakat desa Ciptasari yang ikut berkembang bukan lagi menjadi petani tradisional saja tetapi sudah menjadi petani moderen. Para petani akhirnya memilih ubi cilembu sebagai produk yang dapat meningkatkan perekonomian mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Home Industry; Petani; Ubi Cilembu
Subjects: Culture and Institutions
Communities
Communities > Urban Communities, Cities
Econmics
Production, Industrial Economics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ilham ayatulloh Ananda
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:53
Last Modified: 05 Sep 2024 01:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96194

Actions (login required)

View Item View Item