Hubungan layanan bimbingan karier menggunakan instrumen Myers-Briggs Type Indicator dengan pemantapan pemilihan karier: Penelitian pada siswa Madrasah Aliyah Swasta Al Jauhari Garut

Syaripah, Siti (2024) Hubungan layanan bimbingan karier menggunakan instrumen Myers-Briggs Type Indicator dengan pemantapan pemilihan karier: Penelitian pada siswa Madrasah Aliyah Swasta Al Jauhari Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Seringkali siswa tingkat akhir sekolah menengah atas merasa kebingungan dalam menentukan serta memantapkan pemilihan karier. Karena itu diperlukan sebuah program layanan agar siswa memiliki arahan yang lebih jelas dalam memantapkan pemilihan karier yaitu berupa layanan bimbingan karier menggunakan instrumen MBTI. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui: (1) capaian layanan bimbingan karier menggunakan instrumen MBTI siswa kelas XI MAS Al Jauhari Garut; (2) pemantapan pemilihan karier siswa kelas XI MAS Al Jauhari Garut; (3) hubungan layanan bimbingan karier menggunakan instrumen MBTI dengan pemantapan pemilihan karier siswa kelas XI MAS Al Jauhari Garut. Mengacu pada teori dari Sukardi (1987) tentang layanan bimbingan karier dan diaplikasikan dengan instrumen Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang dikembangkan oleh Katherine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers dari teori kepribadian Carl Jung (1875-1961) serta mengacu pada teori dari Nevill & Super (1988) tentang pemantapan pemilihan karier. Kedua teori tersebut memanifestasikan aspek-aspek yang melandasi layanan bimbingan karier menggunakan instrumen MBTI dan pemantapan pemilihan karier. Penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasional. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket layanan bimbingan karier menggunakan instrumen MBTI dan angket pemantapan pemilihan karier kepada siswa kelas XI MAS Al Jauhari Garut dengan sampel sebanyak 66 orang siswa yang diambil dari populasi sebanyak 106 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian layanan bimbingan karier menggunakan instrumen MBTI secara keseluruhan berkategori tinggi dengan perolehan nilai sebesar 71%. Begitu pun dengan pemantapan pemilihan karier secara keseluruhan memperoleh nilai sebesar 71% dan juga berkategorikan tinggi. Hasil analisis korelasi diperoleh nilai Sig. 0.000 < 0.05 dan nilai koefisien yang berkorelasi kuat yaitu sebesar 0.705, artinya hipotesis yang diajukan dalam penelitian dapat diterima. Adapun kesimpulan dari penelitian yaitu didapatkan hubungan positif yang signifikan antara layanan bimbingan karier menggunakan instrumen MBTI dengan pemantapan pemilihan karier siswa kelas XI MAS Al Jauhari Garut. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin positif layanan bimbingan karier menggunakan instrumen MBTI, maka semakin positif juga pemantapan pemilihan karier.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karier; Instrumen; Pemilihan Karier
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Siti Syaripah
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:02
Last Modified: 05 Sep 2024 03:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96224

Actions (login required)

View Item View Item