Sabihat, Muhammad Rizal (2024) Manajemen strategi dewan kemakmuran masjid dalam meningkatkan pelayanan kepada jamaah : Studi deskriptif di Masjid Daarut Tauhiid Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (737kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
Abstract
Masjid Daarut Tauhid merupakan masjid yang memiliki dewan kemakmuran masjid dengan pengelolaan yang baik, salah satu indikatornya terlihat dari pelayanan kepada para jamaah. Fasilitas tempat ibadah yang nyaman dan bersih serta fasilitas pendukung yang tersedia lengkap menjadi prioritas. Hal tersebut dapat tercapai dikarenakan dewan kemakmuran Masjid Daarut Tauhiid menerapkan manajemen strategi didalam rangkaian pengelolaannya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen strategi dewan kemakmuran Masjid Daarut Tauhiid dalam meningkatkan pelayanan kepada jamaah. Penelitian menggunakan teori manajemen strategi dengan tahapan-tahapan manajemen strategi diantara lain formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi ke tempat atau objek penelitian, serta melakukan wawancara langsung kepada narasumber dan pengambilan dokumentasi yang berkaitan dengan manajemen strategi dewan kemakmuran Masjid Daarut Tauhiid dalam meningkatkan pelayanan kepada jamaah. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, formulasi strategi dewan kemakmuran Masjid Daarut Tauhiid dalam meningkatkan pelayanan kepada jamaah dilakukan dengan tahapan perumusan visi, misi dan tujuan, perumusan rencana jangka panjang dan rencana jangka pendek, Analisis SWOT yang meliputi kekuatan (strenght), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threath) serta pemilihan strategi yang tepat dalam meningkatkan pelayanan kepada jamaah. Kedua, implementasi strategi dewan kemakmuran Masjid Daarut Tauhiid dalam meningkatkan pelayanan kepada jamaah dilakukan dengan penyediaan faslitas masjid yang lengkap, melaksanakan program yang sesuai dengan kebutuhan jamaah, meningkatkan budaya Bersih, Rapih, Tertib, Teratur (BRTT), dan meningkatkan kedisiplinan pengurus masjid. Ketiga, evaluasi strategi dewan kemakmuran Masjid Daarut Tauhiid dalam meningkatkan pelayanan kepada jamaah dengan melakukan monitoring harian untuk memantau aktivitas harian rutin dari pengurus dan melakukan rapat evaluasi tahunan dengan mengukur fasilitas masjid yang tersedia, program-program yang berjalan, tingkat kinerja dari pengurus masjid serta problematika yang muncul dilakukan rencana perbaikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen strategi; masjid; pelayanan |
Subjects: | Islam Islam > Mosques Islam > Da'wah Islam Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Muhamad Rizal Sabihat |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 03:18 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 03:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96229 |
Actions (login required)
View Item |