Manajemen strategi dewan kemakmuran masjid dalam meningkatkan pelayanan kepada jamaah : Studi deskriptif di Masjid Daarut Tauhiid Kota Bandung

Sabihat, Muhammad Rizal (2024) Manajemen strategi dewan kemakmuran masjid dalam meningkatkan pelayanan kepada jamaah : Studi deskriptif di Masjid Daarut Tauhiid Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (737kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)

Abstract

Masjid Daarut Tauhid merupakan masjid yang memiliki dewan kemakmuran masjid dengan pengelolaan yang baik, salah satu indikatornya terlihat dari pelayanan kepada para jamaah. Fasilitas tempat ibadah yang nyaman dan bersih serta fasilitas pendukung yang tersedia lengkap menjadi prioritas. Hal tersebut dapat tercapai dikarenakan dewan kemakmuran Masjid Daarut Tauhiid menerapkan manajemen strategi didalam rangkaian pengelolaannya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen strategi dewan kemakmuran Masjid Daarut Tauhiid dalam meningkatkan pelayanan kepada jamaah. Penelitian menggunakan teori manajemen strategi dengan tahapan-tahapan manajemen strategi diantara lain formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi ke tempat atau objek penelitian, serta melakukan wawancara langsung kepada narasumber dan pengambilan dokumentasi yang berkaitan dengan manajemen strategi dewan kemakmuran Masjid Daarut Tauhiid dalam meningkatkan pelayanan kepada jamaah. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, formulasi strategi dewan kemakmuran Masjid Daarut Tauhiid dalam meningkatkan pelayanan kepada jamaah dilakukan dengan tahapan perumusan visi, misi dan tujuan, perumusan rencana jangka panjang dan rencana jangka pendek, Analisis SWOT yang meliputi kekuatan (strenght), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threath) serta pemilihan strategi yang tepat dalam meningkatkan pelayanan kepada jamaah. Kedua, implementasi strategi dewan kemakmuran Masjid Daarut Tauhiid dalam meningkatkan pelayanan kepada jamaah dilakukan dengan penyediaan faslitas masjid yang lengkap, melaksanakan program yang sesuai dengan kebutuhan jamaah, meningkatkan budaya Bersih, Rapih, Tertib, Teratur (BRTT), dan meningkatkan kedisiplinan pengurus masjid. Ketiga, evaluasi strategi dewan kemakmuran Masjid Daarut Tauhiid dalam meningkatkan pelayanan kepada jamaah dengan melakukan monitoring harian untuk memantau aktivitas harian rutin dari pengurus dan melakukan rapat evaluasi tahunan dengan mengukur fasilitas masjid yang tersedia, program-program yang berjalan, tingkat kinerja dari pengurus masjid serta problematika yang muncul dilakukan rencana perbaikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: manajemen strategi; masjid; pelayanan
Subjects: Islam
Islam > Mosques
Islam > Da'wah
Islam Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhamad Rizal Sabihat
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:18
Last Modified: 05 Sep 2024 03:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96229

Actions (login required)

View Item View Item