Prinsip pengasuhan dan pendidikan anak yatim di dalam Al-Qur'an: Studi kasus di Pesantren Yatim Al Hilal Bandung Timur

Haqqiyah, Naadiyah Nurul (2024) Prinsip pengasuhan dan pendidikan anak yatim di dalam Al-Qur'an: Studi kasus di Pesantren Yatim Al Hilal Bandung Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang prinsip pengasuhan dan pendidikan anak yatim dalam Al-Qur’an di pesantren yatim Al Hilal Bandung Timur. Pesantren yatim Al Hilal Bandung Timur merupakan sebuah lembaga pemberdayaan anak yatim. Keberadaannya sangat mempengaruhi dalam mencetak anak yatim yang sejalan dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi prinsip Al-Qur’an dalam mengasuh dan mendidik anak yatim pada pesantren yatim Al Hilal Bandung Timur. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus, serta teknik maudhu'i juga digunakan dalam metode ini. untuk menghimpun ayat-ayat yang sesuai dengan tema yang akan dibahas. Selain itu data lain diperoleh melalui studi pustaka Al-Qur’an dan pesantren yatim Al Hilal Bandung Timur yang menjadi sumber utama penelitian ini. Sedangkan sumber sekunder diperoleh dari berbagai buku serta kajian penelitian sehubungan dengan penelitian ini. Hasil dan kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa, Al-Qur'an memberikan perhatian khusus terhadap anak yatim, dengan menekankan pentingnya perlindungan, perawatan, dan pendidikan yang adil serta penuh kasih sayang. Berikut adalah beberapa prinsip utama dalam mengasuh dan mendidik anak yatim menurut Al-Qur'an: memperbaiki keadaan anak yatim (Al-Baqarah:220), larangan memakan harta anak yatim (An-Nis(a') ̅:10), mengurus anak yatim secara adil (An-Nis(a') ̅:127), teguran untuk orang yang tidak memuliakan anak yatim (Al-Fajr:17), larangan berlaku sewenang-wenang (Ad-Duha:9), teguran untuk orang yang menghardik anak yatim (Al-Maun:2), memberikan makan kepada anak yatim (Al-Insan:8), memberikan perlindungan kepada anak yatim (Ad-Duha:6), pendidikan yang layak (An-Nisa ̅': 6). Implementasi makna ayat dalam pesantren Al Hilal dilaksanakan sesuai dengan pemahaman para pengasuh dan pendidik, berupa kegiatan santunan, mengasuh anak yatim dengan baik dan memberikan pendidikan yang layak. Hanya saja Pesantren yatim Al Hilal hanya memilik satu landasan yaittu surat Al-Baqarah ayat 220. Mereka berasumsi bahwa pengasuhan dan pendidikan anak yatim itu sangat penting untuk masa depan mereka. Islam juga menghancurkan bagaimana bersikap kepada anak yatim. Berangkat dari hal tersebut maka dalam perlu dilakukan, melihat banyaknya hal-hal yang kurang baik dalam menghasilkan mendidik anak yatim. Sehingga masyarakat secara umum memahami apa saja prinsip pengasuhan dan pendidikan yang terdapat di dalam Al-Qur'an secara utuh. Kata kunci: pengasuhan, pendidikan, anak yatim, Pesantren yatim Al Hilal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pengasuhan; pendidikan; anak yatim; Pesantren yatim Al Hilal
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Nurul Haqqiyah Naadiyah
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:25
Last Modified: 05 Sep 2024 07:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96302

Actions (login required)

View Item View Item