Rancang bangun kendali kecepatan motor Brushless Direct Current (BLDC) menggunakan metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) pada mobil listrik

Rifansah, Dede (2024) Rancang bangun kendali kecepatan motor Brushless Direct Current (BLDC) menggunakan metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) pada mobil listrik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text (BAB VI)
Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Motor BLDC adalah alat penggerak utama pada mobil listrik, karena keunggulannya motor BLDC dijadikan yang paling tepat digunakan untuk mobil listrik. Salah satu keunggulannya yaitu memiliki torsi dan efisiensi yang tinggi. Disamping kelebihannya, motor BLDC juga memiliki kelemahan yaitu kinerja motor BLDC dapat menurun jika bekerja dalam kondisi berbeban. Tidak hanya itu, ketika pedal gas langsung ditekan motor BLDC tidak langsung merespon. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengaturan kecepatan menggunakan suatu kendali untuk meningkatkan kinerja motor BLDC saat diberikan dan membuat motor BLDC lebih responsif ketika pedal gas ditekan. Sistem kendali dengan metode ANFIS dapat digunakan untuk mengendalikan kecepatan karena sifatnya yang adaptif sehingga dapat mengatasi perubahan yang diakibatkan oleh beban. Dari hasil pengujian didapatkan data pengendali ANFIS pada setpoint 900 RPM memiliki rise time yaitu 2.46 s dan overshoot yaitu 4.40% serta pada setpoint 1800 RPM memiliki rise time yaitu 2.78 s dan overshoot 4.05%. Sedangkan, pada setpoint 900 RPM tanpa kendali memiliki rise time yaitu 2.68 s dan overshoot yaitu 5.55% serta pada setpoint 1800 RPM tanpa kendali memiliki rise time yaitu 2.94 s dan overshoot yaitu 5.10% sehingga kendali ANFIS yang dirancang dapat mempercepat rise time dan mengurangi overshoot pada motor BLDC.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: mobil listrik; motor bruhsless direct current (BLDC); kecepatan; kendali; ANFIS
Subjects: Other Branches of Engineering > Automatic Control Engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Dede Rifansah Rifansah
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:27
Last Modified: 08 Sep 2024 13:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96319

Actions (login required)

View Item View Item