Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Qur'an Hadist: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas IX-B MTs Miftahul Falah Kota Bandung

Fajrian, Muhammad Aji (2024) Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Qur'an Hadist: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas IX-B MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

Guru mata pelajaran Qura’n Hadist di MTs Miftahul Falah dalam pembelajarannya sudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Model pembelajaran Make a Match dilakukan dengan langkah-langkah 1) guru menerangkan materi pelajaran 2) guru membagi siswa menjadi kelompok kecil dan membagikan kartu yang berisi pertanyaan dan jawaban kepada masing-masing kelompok 3) siswa mendiskusikan jawaban yang sesuai dengan kartu yang mereka dapatkan 4) siswa mencari pasangan dari kartu tersebut dan menjelaskan isi dari hasil pencocokan kartu didepan kelas. Sehingga menjadikan sekolah ini termasuk sekolah yang unggul dan banyak diminati. Namun, ketika model pembelajaran Make a Match dilakukan secara terus menerus dapat menimbulkan rasa bosan dan menurunnya minat belajar siswa. Dengan demikian, peneliti mencoba membandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Contextual Teaching and Learning untuk mencari alternatif model pembelajaran yang lebih baik dan sebanding dalam meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Penerapan Mertoder Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan minat belajar siswa. 2) Megetahui minat berlajar siswa sebelum mernggurnakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. 3) Mengetahui minat berlajar siswa sesudah mernggurnakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini didasarkan atas teori konstruktifisme yang dikembangkan oleh Piaget dan Vigotsky. Teori ini mengemukakan bahwa seseorang belajar atau mendapatkan pengetahuan dari hasil mengkonstruk informasi-informasi yang ia peroleh. Salah satu Model pembelajaran yang bisa mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode Quasi Experiment. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan angket terhadap kegiatan siswa. Adapun Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T. Hasil penelitian menunjukan: 1) Penerapan Metode Contextual Teaching and Learning terlaksana dengan baik sesuai dengan referensi. 2) Minat berlajar siswa sebelum mernggurnakan Mertoder Contextual Teaching and Learning mendapatkan nilai pre-test sebesar 50,7 untuk kelas eksperimen dan rata-rata nilai pre-test untuk kelas kontrol sebesar 60,5 3) Minat berlajar siswa meningkat seterlah mernggurnakan Mertoder Contextual Teaching and Learning. Dapat dilihat dari nilai post-test dari kelas eksperimen sebesar 85,8 dan skor yang didapat dari pengujian uji t-independent test sebesar serbersar 0,036 < 0,05 yang di simpulkan bahwa H1 diterima sebagai adanya pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap peningkatan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembalajaran; Minat Belajar Siswa; Metode Pembelajaran
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Aji Fajrian
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:42
Last Modified: 05 Sep 2024 07:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96440

Actions (login required)

View Item View Item