Interaksi sosial anak usia sekolah dasar pasca mengenal media sosial Tiktok: Penelitian di Komplek Cipadung Permai Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Fauziyyah, Faridah Nur (2024) Interaksi sosial anak usia sekolah dasar pasca mengenal media sosial Tiktok: Penelitian di Komplek Cipadung Permai Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan GunungDjati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftra isi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena penggunaan media sosial Tiktok di kalangan anak usia sekolah dasar sedang mengalami peningkatan, hal tersebut berdampak pada interkasi sosial anak. Kebanyakan anak yang mengenal aplikasi tersebut menjadi pribadi yang lebih pendiam dan susah untuk di ajak berinteraksi dengan orang lain karena anak terlalu fokus dengan apa yang dia lihat di layar handphone sehingga abai terhadap lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) bagaimana anak-anak usia SD yang mengguna media sosial Tiktok berinteraksi dengan orangtua dan teman sebaya; 2) dampak positif dan negatif pemakaian aplikasi Tiktok terhadap kemampuan anak dalam berinteraksi dengan orantua, teman sebaya dan masyarakat; dan 3) cara mengatasi dampak negatif dari penggunaan aplikasi Tiktok pada interaksi anak di lingkungan Komplek Cipadung Permai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interkasi simbolik Herbert Mead, merupakan salah satu cabang ilmu sosiologi yang membahas mengenai persoalan makna symbol dengan interaksi individu. Simbol menuut Mead terbenuk dari sebuah interaksi sehingga menciptakan makna atau nilai tersendiri. Subjek penelitian ini adalah anak-anak usia Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sampel utama penelitian ini adalah tujuh orang yang yang merasakan dampak dari penggunakan aplikasi Tiktok, yaitu orang tua dan kakak yang berada dalam satu rumah. Data dikumpulkan melalui observasi non-partisipan, wawancara non-terstruktur, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media sosial Tiktok membuat inetraksi antara anak dan orangtua, anak dan saudaranya serta lingkungannya menjadi kurang akrab. Anak-anak usia Sekolah Dasar di lingkungan Komplek Cipadung Permai Kota Bandung terkena dampak dari adanya aplikasi Tiktok ini terhadap interkasi sosial mereka. Anak-anak cenderung lebih pendiam dan memilih untuk menonton video dalam aplikasi Tiktok ketika mereka sudah merasa bosan. Selain itu cara mereka berinteraksi pun mengalami perubahan dalam penggunaan kosa kata, mereka banyak mengikuti katakata gaul seperti yang ada dalam aplikasi Tiktok

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial; Anak Sekolah Dasar; Tiktok
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nur Fauziyyah Faridah
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:23
Last Modified: 06 Sep 2024 02:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96450

Actions (login required)

View Item View Item