Penerapan Blended Learning Berbasis Software Pear Deck untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa

Halemah, Annice Tresna (2024) Penerapan Blended Learning Berbasis Software Pear Deck untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)

Abstract

Kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang masih perlu ditingkatkan merupakan hal yang melatarbelakangi penelitian ini. Dengan demikian, tujuan penelitian ini untuk membantu meningkatkan kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa menggunakan model pembelajaran Blended Learning berbasis Software Pear Deck. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Guna Dharma Bandung dengan metode kuasi eksperimen menggunakan desain penelitian the nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VIII-A dan VIII-C yang masing-masing kelas berjumlah 20 dan 21 siswa yang dipilih melalui teknik simple random sampling dari populasi kelas VIII yang berjumlah empat kelas. Hasil penelitian ini di antaranya: 1) Keterlaksanaan proses belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning berbasis Software Pear Deck memperoleh kriteria baik. 2) Perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Blended Learning berbasis Software Pear Deck lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model konvensional. 3) Perolehan rata-rata nilai tes kemampuan representasi matematis siswa di kelas yang menggunakan pembelajaran Blended Learning berbasis Software Pear Deck untuk laki-laki dan perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. 4) Tidak terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada sikap kemandirian belajar siswa menggunakan model pembelajaran Blended Learning berbasis Software Pear Deck dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari nilai pretest dan posttest pada angket yang telah diberikan. Dengan demikian pembelajaran Blended Learning berbasis Software Pear Deck bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning; Representasi Matematis; Kemandirian Belajar Siswa
Subjects: Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Annice Tresna Halemah
Date Deposited: 06 Sep 2024 00:53
Last Modified: 06 Sep 2024 00:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96458

Actions (login required)

View Item View Item