Putra, Ajietya Hermawan (2024) Kualitas pelayanan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) di KUA Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Jadi Bandung.
|
Text (Cover)
1_COVER.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2_ABTRAK.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar isi)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
4_BAB I.pdf Download (391kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
||
Text (Bab III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
Text (Bab IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
||
Text (Bab V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
||
Text (Daftar pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
Abstract
Pelayanan yang berkualitas adalah pelayanan yang memenuhi kebutuhan masyarakat dan memenuhi harapan masyarakat. Kementerian Agama Republik Indonesia terus berupaya meningkatkan layanan pernikahan bagi pasangan calon pengantin yang akan menikah melalui aplikasi SIMKAH, yaitu Sistem Informasi Manajemen Nikah. Aplikasi ini berbasis Windows yang digunakan untuk mengumpulkan data nikah dari seluruh KUA di wilayah Republik Indonesia secara online. Tujuan dari hadirnya aplikasi berbasis teknologi ini untuk membantu memeriksa nomor seri yang kemungkinan ganda, mengurangi kesalahan dalam hal pemalsuan serta mampu memeriksa identitas mempelai dari berbagai kemungkinan. Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) sejak tahun 2007, telah berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas KUA melalui perbaikan pelayanan berbasis informasi teknologi yang selama ini dilakukan secara manual dalam hal pelayanan pendaftaran pernikahan guna meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan pada KUA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan sistem informasi manajemen nikah (SIMKAH) di KUA Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori dari Lovelock dalam Hardiyansyah, (2018) yang menyatakan terdapat lima dimensi kualitas pelayanan yaitu, berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan kepedulian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan sistem informasi manajemen nikah (SIMKAH) di KUA Kecamatan Mandalajati Kota Bandung telah berjalan dengan baik, namun masih ditemukannya beberapa kendala diluar kemampuan KUA Kecamatan Mandalajati Kota Bandung yaitu ketika server mengalami eror.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas; pelayanan publik; SIMKAH |
Subjects: | Office Services |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Ajietya Hermawan Putra |
Date Deposited: | 07 Sep 2024 15:44 |
Last Modified: | 07 Sep 2024 15:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96575 |
Actions (login required)
View Item |