Putra, Fikri Septian Dwi (2024) Social entrepreneurship pelaku usaha konveksi dalam meningkatkan sosial ekonomi masyarakat sekitar: Penelitian di Perum Parakan Muncang Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (637kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (960kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan ekonomi merupakan hal yang paling sering terjadi di masyarakat. Maka diperlukan cara agar dapat memperbaiki sistem ekonomi salah satunya melalui kewirausahaan. Wirausaha dengan bentuk Social Entrepreneurship atau kewirausahaan sosial sendiri bagian dari proses penyadaran, kemandirian, berdaya dan partisipatif dengan mengupayakan peningkatan kemampuan untuk menangani permasalahan dalam masyarakat seperti kemiskinan dan pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui program yang dilakukan pelaku usaha konveksi dalam menjalankan Social Entrepreneurship, 2) mengetahui pelaksanaan Social Entrepreneurship dalam meningkatkan sosial ekonomi masyarakat oleh pelaku usaha konveksi, 3) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat minat masyarakat dalam Social Entrepreneurship yang dilakukan pelaku usaha konveksi. Social Entrepreneurship atau kawirausahaan sosial merupakan pandangan sebagai pelaku usaha yang menjalankan bisnisnya dengan mendorong pada penciptaan nilai superior bagi masyarakat. Social Entrepreneurship berbeda dari pelaku usaha konvensional lainnya yang mana mendorong dalam hal misi penciptaan nilai sosial. Seperti yang dilakukan oleh pelaku usaha konveksi yang telah berhasil menerapkan Social Entrepreneurship pada aktivitas bisnis mereka dan memiliki dampak potensial dari kewirausahaan sosial terhadap pembangunan sosial ekonomi bagi masyarakat sekitar. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh adalah sumber data primer yang didapatkan dari pelaku usaha konveksi dan para karyawannya yang didapat melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder berupa buku, surat kabar, interner dan penelitian terdahulu yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) program dalam pengembangan kemampuan individu terhadap para karyawan nya dengan memberikan pelatihan guna meningkatkan sosial ekonomi, 2) pelaksanaan Social Entrepreneurship mendapat antusiasme dari masyarakat karena konveksi mampu memberikan perubahan sosial ekonomi terhadap masyarakat dan timbulnya pelaku usaha baru, 3) faktor pendukung minat masyarakat yaitu program yang dilakukan oleh pelaku usaha memberikan dorongan secara langsung bagi ekonomi dan kegiatan kemasyarakatan sedangkan faktor penghambat minat masyarakat yaitu perkembangan model pakaian dan permasalahan pada alat produksi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Entrepreneurship; Pelaku Usaha; Sosial Ekonomi |
Subjects: | Production, Industrial Economics Production, Industrial Economics > Entrepreneurship |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Fikri Septian Dwi |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 06:42 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 06:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96608 |
Actions (login required)
View Item |