Fenomena kenalan berbasis Online : Penelitian pada fitur People Nearby aplikasi LINE di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Angkatan 2020-2023 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Salsabilah, Dita (2024) Fenomena kenalan berbasis Online : Penelitian pada fitur People Nearby aplikasi LINE di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Angkatan 2020-2023 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi-1.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
3_daftapustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang fenomena kenalan berbasis online di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Angkatan 2020-2023 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung yang diakibatkan penggunaan media sosial yang semakin banyak digunakan, semakin berkembang dan memudahkan berinteraksi dalam mencari kenalan secara online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui interaksi mahasiswa, untuk mengetahui faktor yang mendorong dan untuk mengetahui dampak interaksi dari kenalan berbasis online bagi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan Teori Interaksionisme Simbolik yang dikemukakan oleh Herbert Blumer. Teori ini berfokus pada cara individu membentuk makna melalui interaksi sosial dan bagaimana makna tersebut memengaruhi perilaku mereka. Interaksionisme Simbolik dapat digunakan untuk menjelaskan bagaimana pengguna menafsirkan dan memberikan makna pada interaksi ini, seperti mengapa mereka merasa nyaman atau tidak nyaman melakukan pendekatan kepada orang yang tidak dikenal. Bagaimana komunikasi dan norma interaksi yang berlaku dalam fitur ini membentuk persepsi pengguna tentang keaslian atau potensi hubungan baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer yaitu mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung yang menggunakan fitur people nearby dan data sekunder berupa referensi dari buku, jurnal, dan literatur lainnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kenalan berbasis online ini umum di kalangan mahasiswa. Fitur people nearby ini berfungsi sebagai simbol penting dalam interaksi online,memungkinkan perluasan jaringan sosial tanpa batasan jarak fisik. Mahasiswa memanfaatkan fitur ini untuk membangun dan menampilkan identitas mereka sesuai dengan preferensi pribadi dan kebutuhan sosial mereka. Faktor-faktor seperti pengalaman pribadi, rekomendasi teman, serta persepsi terhadap efektivitas fitur memengaruhi keputusan mereka. Dampak yang ditimbulkan yaitu individu membentuk identitas yang mungkin berbeda dari interaksi tatap muka, memberikan fleksibilitas dalam penampilan dan konstruksi identitas mereka di dunia digital.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksionisme Simbolik; Kenalan Online; Media Sosial;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Dita Salsabilah
Date Deposited: 08 Sep 2024 03:20
Last Modified: 08 Sep 2024 03:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96704

Actions (login required)

View Item View Item