Deka, N Reino Putri (2024) Pengaruh metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (857kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (874kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
Abstract
N Reino Putri Deka. 1202090060. 2024. “Pengaruh Metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Misbah Kota Bandung dan berdampak terhadap hasil belajar yang ditunjukkan oleh perolehan nilai UAS pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 28 siswa mendapat nilai di bawah 70 yang merupakan nilai batas minimal dari jumlah keseluruhan siswa 58 siswa. Alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa adalah dengan menerapkan metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang belajar menggunakan metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA) dengan siswa yang belajar menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan V-B Madrasah Ibtidaiyah Al-Misbah Kota Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan membaca pemahaman, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan independent t-test dengan taraf signifikansi 0,05 dengan hipotesis terdapat perbedaan yang signifikansi rata-rata peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia antara siswa yang belajar menggunakan metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA) dengan siswa yang belajar menggunakan pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum dan sesudah menerapkan metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA) memperoleh peningkatan sebesar 79,90% dengan kategori tafsiran “efektif”. Kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum dan sesudah menerapkan pendekatan saintifik memperoleh peningkatan sebesar 68,91% dengan kategori tafsiran “cukup efektif”. Berdasarkan hasil uji hipotesis, terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V yang menggunakan metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA) dan pendekatan saintifik yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode ECOLA; kemampuan membaca pemahaman siswa; mata pelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | N Reino Putri Deka |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 07:25 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 07:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96749 |
Actions (login required)
View Item |