Pendidikan Intelektual dan Spiritual perspektif Al-Ghazali serta implementasinya dalam pembelajaran PAI di SMA: Penelitian di SMA Negeri 1 Subang Kuningan

Hidayat, Dayat Indra (2023) Pendidikan Intelektual dan Spiritual perspektif Al-Ghazali serta implementasinya dalam pembelajaran PAI di SMA: Penelitian di SMA Negeri 1 Subang Kuningan. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Dartaf Isi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)

Abstract

Pendidikan Islam adalah proses mengubah tingkah laku peserta didik menjadi manusia yang lebih baik, mampu bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Berawal dari permasalahan kemerosotan akhlak di era modern, banyaknya orang yang pintar akan tetapi akhlaknya buruk, maka pendidikan menjadi benteng utama untuk menjawab permasalah tersebut. Dalam hal ini SMA Negeri 1 Subang mengimplementasikan pendidikan intelektual dan spiritual perspektif al-Ghazali dalam pembelajaran PAI, yang bertujuan untuk mengintegrasikan kemampuan intelek dan spiritual siswa supaya siswa bukan hanya sebatas tinggi pengetahuannya, akan tetapi baik pula akhlaknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan intelektual dan spiritual perspektif al-Ghazali dalam pembelajaran PAI. Mengetahui implementasi pendidikan intelektuan dan spiritual perspektif al-ghazali dalam pembelajaran PAI. Mengetahui hasil pendidikan intelektuan dan spiritual perspektif A-Ghazali dalam pembelajaran PAI. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendidikan intelektuan dan spiritual perspektif Al-Ghazali dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan berupa studi kasus (case study). Penjabaran data hasil penelitian dilakukan menggunakan teknik deskriptif analisis. Untuk mengambil data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, WAKASEK kurikulum, WAKASEK kesiswaan, guru, orang tua dan peserta didik. Hasil penelitian menuntukan bahwa: (1) Pemahaman guru PAI mengenai konsep pendidikan intelektual dan spiritual perspektif al-Ghazali berpusat pada tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu integrasi akal dan qalb. Sehingga guru harus memiliki: sifat kasih sayang; tidak menuntut upah atas jerih payah mengajarnya; berfungsi sebagai pengarah dan penyuluh yg benar; menggunakan cara yang simpatik, halus dan tidak menggunakan kekerasan dalam mengajar; Harus tampil sebagai teladan atau panutan; Mengenali potensi peserta didiknya; Tidak memaksakan pembelajaran diluar kemampuan siswa; Berpenggang teguh pada prinsip-prinsip agama. (2) Implementasi pendidikan intelektual dan spiritual dimulai dengan penentuan tujuan pembelajaran; program pembelajaran; prosedur pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran bisa menggunakan tafakur dan tazkiyatun nafs. Sedangkan metode yang digunakan bisa muhasabah, ceramah, demonstrasi, (3) Evaluasi dilakukan melalui penilaian kognitif, afektif dan psikomotor. Sikap dan perilaku keberagamaan peserta didik terlihat dari aktivitas ibadah, kesadaran dan konsistensinya. (4) Faktor pendukung implementasi pendidikan intelektual dan spiritual adalah, program-program sekolah yang sejalan dengan penguatan intelektual dan spiritual, tenaga pendidik yang mumpuni, sarana dan prasarana yang menunjang. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang terintegrasinya seluruh mata pelajaran untuk mencapai tujuan, bobot jam pelajaran PAI yang kurang, rendahnya kesadaran orang tua untuk mengontrol kemampuan intelektual dan spiritual siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pendidikan Intelektual dan spiritual; pendidikan Al-Ghazali; Pembelajaran PAI
Subjects: Islam
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dayat Indra Hidayat
Date Deposited: 07 Sep 2024 15:27
Last Modified: 07 Sep 2024 15:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96766

Actions (login required)

View Item View Item