Pengembangan media pembelajaran Mathopoly Game berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik

Andriyana, Nana (2024) Pengembangan media pembelajaran Mathopoly Game berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis pada peserta didik masih perlu ditingkatkan dan peluang sebagai salah satu cabang dari matematika yang memerlukan media pembelajaran yang efektif dan menarik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran Mathopoly Game berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode Reseatch and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil uji validitas dari media ini yaitu sebesar 97% pada ranah media dan 93% pada ranah materi dengan rata-rata total sebesar 95% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas media ini pada uji skala kecil sebesar 91% dan pada uji skala besar sebesar 87% dengan rata-rata total sebesar 89% dengan kriteria sangat praktis. Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik setelah penggunaan media ini mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0,36 dengan kriteria sedang yang menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis. Dapat disimpulkan media pembelajaran Mathopoly Game berbasis android ini layak digunakan dalam pembelajaran materi peluang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Mathopoly Game; Android; Berpikir Kritis
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nana Andriyana
Date Deposited: 06 Sep 2024 06:27
Last Modified: 06 Sep 2024 06:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96771

Actions (login required)

View Item View Item