Andriyana, Nana (2024) Pengembangan media pembelajaran Mathopoly Game berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (257kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis pada peserta didik masih perlu ditingkatkan dan peluang sebagai salah satu cabang dari matematika yang memerlukan media pembelajaran yang efektif dan menarik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran Mathopoly Game berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode Reseatch and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil uji validitas dari media ini yaitu sebesar 97% pada ranah media dan 93% pada ranah materi dengan rata-rata total sebesar 95% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas media ini pada uji skala kecil sebesar 91% dan pada uji skala besar sebesar 87% dengan rata-rata total sebesar 89% dengan kriteria sangat praktis. Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik setelah penggunaan media ini mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0,36 dengan kriteria sedang yang menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis. Dapat disimpulkan media pembelajaran Mathopoly Game berbasis android ini layak digunakan dalam pembelajaran materi peluang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Mathopoly Game; Android; Berpikir Kritis |
Subjects: | Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nana Andriyana |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 06:27 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 06:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96771 |
Actions (login required)
View Item |