Muhardja, Muhammad Luthfi Azri Saputra (2024) Layanan bimbingan karir Islami untuk meningkatkan Self-Efficacy pada siswa: Penelitian di Sekolah Menengah Kejuruan Pasundan 4 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) | Request a copy |
||
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena pada siswa kelas 12 yang masih kebingungan untuk mengambil sebuah keputusan . Dalam hal ini keputusan yang dimaksud adalah keputusan karir pada siswa yang dapat menghambat proses pengambilan keputusan karir yang efektif. Perlu adanya upaya untuk meningkatkan self-efficacy pada siswa agar mereka lebih percaya diri dan berani mengambil keputusan karir yang tepat. Salah satu cara untuk meningkatkan self-efficacy pada siswa adalah melalui layanan bimbingan karir yang efektif di sekolah. Hal tersebut menjadikan perlunya bimbingan karir pada siswa baik dapat membantu siswa mengidentifikasi minat, bakat, dan nilai-nilai mereka sendiri, sehingga dapat memberikan panduan yang lebih baik dalam mengambil keputusan karir. Salah satu upaya yang diberikan oleh pihak sekolah yaitu memberikan bimbingan karir islami untuk meningkatkan self-efficacy pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang kondisi self efficacy, program layanan bimbingan karir, dan peningkatan self-efficacy pada siswa yang mengikuti bimbingan karir pada siswa kelas XII di SMK Pasundan 4 Bandung. Penelitian ini berlandaskan pada pemikiran bahwa layanan bimbingan karir islami adalah upaya pemberian bantuan dari konselor kepada individu atau konseli agar memahami dan mengetahui potensi yang ada dalam dirinya, mengatasi hambatan yang ada saat ini, mengembangkan masa depannya, dan mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia, serta dapat mengembangkan fitrah atau kembali kepada fitrah, dengan cara memberdayakan iman, akal, kemampuan, yang dikaruniai oleh Allah SWT. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif ini bertujuan untuk menggambarkan suatu program dengan sistematis berdasarkan fakta mengenai layanan bimbingan karir islami untuk meningkatkan self-efficacy pada siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami peningkatan dalam pemahaman tentang minat, bakat, dan pilihan karir setelah mengikuti layanan bimbingan karir. Meskipun masih ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam memutuskan karir yang ingin mereka tekuni, namun layanan bimbingan karir membantu mereka dalam merencanakan masa depan karir dengan lebih baik. Guru BK di SMK Pasundan 4 Bandung menekankan pentingnya layanan ini dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa, serta membuka wawasan tentang berbagai bidang karir yang tersedia, baik di dunia kerja maupun di perguruan tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan karir efektif dalam meningkatkan self-efficacy siswa dan membantu mereka dalam membuat perencanaan karir yang lebih terarah dan berdasarkan pemahaman diri yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Karir; Self-Efficac; Siswa |
Subjects: | The Self Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Muhammad Luthfi Azri Saputra Muhardja |
Date Deposited: | 07 Sep 2024 15:42 |
Last Modified: | 07 Sep 2024 15:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96809 |
Actions (login required)
View Item |