Dampak pembelajaran daring terhadap perilaku sosial mahasiswa pada masa pandemi Covid-19 : Studi deskripsi pada mahasiswa sosiologi angkatan 2019 di FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Lestari, Intan Mega (2024) Dampak pembelajaran daring terhadap perilaku sosial mahasiswa pada masa pandemi Covid-19 : Studi deskripsi pada mahasiswa sosiologi angkatan 2019 di FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemi covid-19 yang menimbulkan perubahan yang besar dalam dunia pendidikan. Perubahan sistem pembelajaran yang mendadak membawa dampak bagi seluruh pelaku kegiatan baik pendidik maupun peserta didik. Perubahan tersebut bisa kita lihat dari perilaku sosial setiap individu dan masalah-masalah lainnya yang muncul sebab adanya pandemi ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sistem pembelajaran daring selama pandemi Covid-19, untuk mengetahui perubahan perilaku sosial mahasiswa, untuk mengetahui dampak pembelajaran daring terhadap perilaku sosial mahasiswa Sosiologi angkatan 2019 di UIN Sunan Gunung Djati. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori perilaku sosial Max Weber,dikenal dengan pendekatannya terhadap pemahaman perilaku sosial melalui konsep tindakan sosial. Tindakan sosial adalah tindakan yang mempertimbangkan tindakan orang lain dan diarahkan pada mereka dalam proses bersosial. Weber membedakan empat tipe tindakan sosial: rasionalitas tujuan, rasionalitas nilai, afektif, dan tradisional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data primer terdiri dari Mahasiswa Jurusan Sosiologi Angkatan 2019 UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebanyak 12 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, display atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring memiliki dampak yang kompleks terhadap perilaku sosial mahasiswa Sosiologi angkatan 2019 di UIN Sunan Gunung Djati. Dampak pembelajaran daring terhadap perilaku sosial mahasiswa sosiologi terbagi menjadi dua, dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya memberikan fleksibilitas waktu dan tempat, mengembangkan keterampilan dan teknologi, akses yang lebih luas, kesempatan untuk mengembangkan diri. Adapun dampak negatifnya penurunan interaksi sosial langsung, meningkatankan kecemasan dan stres, keterbatasan dalam kegiatan organisasi, perubahan dinamika kelas dan kerja kelompok, dan keterbatasan dukungan emosional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring; Dampak; Perilaku sosial;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Factors Affecting Social Behaviour
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: intan mega lestari
Date Deposited: 07 Sep 2024 15:39
Last Modified: 07 Sep 2024 15:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96857

Actions (login required)

View Item View Item