Penggunaan media Emaze untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih : Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XI MA Al-Jawami Kabupaten Bandung

Zidane, Maulana Syarif Yazid Zinedien (2024) Penggunaan media Emaze untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih : Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XI MA Al-Jawami Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas XI MA Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Hal ini disebabkan kurangnya guru dalam menggunakan media pembelajaran. Menurut fenomena atau gejala tersebut menyebabkan pembelajaran tidak menarik dan cenderung membosankan. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa dan menurunkan keinginan siswa untuk belajar karena guru kurang menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media emaze pada mata pelajaran Fiqih di MA Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. 2) Proses belajar siswa menggunakan media emaze pada mata pelajaran fiqih di MA Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. 3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan media emaze pada mata pelajaran Fiqih di MA Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. 4) Ada pengaruh penggunaan media emaze terhadap hasil belajarsiswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Menurut (Savery) permberlajaran berrbasis masalah adalah pernderkatan perdagogis dan kurrikurlerr yang berrpursat pada siswa dan mermurngkinkan siswa urnturk merlakurkan pernerlitian, merngintergrasikan terori dan praktik, serrta mernerrapkan perngertahuran dan kerterrampilan merrerka urnturk merngermbangkan solursi yang terpat terrhadap masalah yang diberrikan Oleh karna itu hipotesis yang diajukan adalah Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Emaze dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di kelas XI MA Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode Quasi Experiment. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan lembar tes terhadap kegiatan siswa. Adapun Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukan: 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media emaze adalah 60.0. 2) Hasil berlajar siswa meningkat seterlah mernggurnakan Media Pembelajaran Berbasis Emaze. Dapat dilihat dari nilai posttest sebesar 84 dan rata-rata nilai pretest sebesar 60. 3) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Emaze untuk meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 84 yang termasuk dalam peningkatan kategori Bai. Dengan demikian bahwa Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Emaze Dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Media, Pembelajaran, Hasil, Belajar, Emaze

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Hasil; Belajar; Emaze;
Subjects: Use of Other Information Media
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Syarif Yazid Zinedien Zidane
Date Deposited: 07 Sep 2024 15:37
Last Modified: 07 Sep 2024 15:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96882

Actions (login required)

View Item View Item