Zidane, Maulana Syarif Yazid Zinedien (2024) Penggunaan media Emaze untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih : Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XI MA Al-Jawami Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (160kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas XI MA Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Hal ini disebabkan kurangnya guru dalam menggunakan media pembelajaran. Menurut fenomena atau gejala tersebut menyebabkan pembelajaran tidak menarik dan cenderung membosankan. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa dan menurunkan keinginan siswa untuk belajar karena guru kurang menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media emaze pada mata pelajaran Fiqih di MA Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. 2) Proses belajar siswa menggunakan media emaze pada mata pelajaran fiqih di MA Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. 3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan media emaze pada mata pelajaran Fiqih di MA Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. 4) Ada pengaruh penggunaan media emaze terhadap hasil belajarsiswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Menurut (Savery) permberlajaran berrbasis masalah adalah pernderkatan perdagogis dan kurrikurlerr yang berrpursat pada siswa dan mermurngkinkan siswa urnturk merlakurkan pernerlitian, merngintergrasikan terori dan praktik, serrta mernerrapkan perngertahuran dan kerterrampilan merrerka urnturk merngermbangkan solursi yang terpat terrhadap masalah yang diberrikan Oleh karna itu hipotesis yang diajukan adalah Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Emaze dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di kelas XI MA Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode Quasi Experiment. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan lembar tes terhadap kegiatan siswa. Adapun Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukan: 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media emaze adalah 60.0. 2) Hasil berlajar siswa meningkat seterlah mernggurnakan Media Pembelajaran Berbasis Emaze. Dapat dilihat dari nilai posttest sebesar 84 dan rata-rata nilai pretest sebesar 60. 3) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Emaze untuk meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 84 yang termasuk dalam peningkatan kategori Bai. Dengan demikian bahwa Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Emaze Dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Media, Pembelajaran, Hasil, Belajar, Emaze
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Hasil; Belajar; Emaze; |
Subjects: | Use of Other Information Media Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Maulana Syarif Yazid Zinedien Zidane |
Date Deposited: | 07 Sep 2024 15:37 |
Last Modified: | 07 Sep 2024 15:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96882 |
Actions (login required)
View Item |