Desyawati, Widza Nhurul (2018) Pengaruh strategi pemecahan masalah Polya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti: Penelitian pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (218kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung bahwa di sekolah tersebut kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah, dikarenakan kurangnya keinginan siswa untuk bertanya kepada guru kemudian masih banyak siswa yang hanya menerima materi yang diajarkan tanpa menelaah lebih dalam dan berkelanjutan serta kurangnya keberanian siswa untuk mengeluarkan pendapat. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui realitas strategi pemecahan Polya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung, 2) Untuk mengetahui realitas kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung, 3) Untuk mengetahui realitas pengaruh strategi pemecahan masalah Polya terhadap kemampuan berpikir kritis iswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadisyah 2 Cibiru Kota Bandung. Adapun penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh ketepatan strategi pemebalajaran atas dasar dapat diambil hipotesis, yakni terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi pemecahan masalah Polya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas X di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Metode ini dianggap mampu mengungkap dan menganalisis fenomena-fenomena yang terjadi pada masa sekarang dan masalah-masalah yang bersifat fakta dan mengungkapkannya secara apa adanya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis parsial perindikator, uji normalitas, analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi, analisis determinasi, dan analisis hipotesis (uji t parsial). Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh perhitungan statistik yang menunjukan realitas pengaruh strategi pemecahan masalah Polya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,976, nilai tersebut berada pada interval 0,80 – 1,00. Kemudian derajat pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y sebesar 78 % sedangkan 22 % ditentukan atau dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemecahan Masalah Polya; Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Widza Nhurul Desyawati |
Date Deposited: | 31 May 2018 04:17 |
Last Modified: | 31 May 2018 04:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/9696 |
Actions (login required)
View Item |