Pengaruh implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak mulia terhadap pembentukan karakter religius siswa: Penelitian di SMP Muhammadiyah 9 dan 10 Bandung

Kamila, Gefira Rahma (2024) Pengaruh implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak mulia terhadap pembentukan karakter religius siswa: Penelitian di SMP Muhammadiyah 9 dan 10 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi dan globalisasi berdampak besar pada keagamaan dan spiritualitas siswa, memperkenalkan mereka pada berbagai budaya dan nilai yang berbeda. Tanpa keseimbangan antara teknologi dan pendidikan karakter, nilai moral dan etika cenderung terabaikan, sehingga diperlukan integrasi yang lebih baik untuk membentuk generasi berkompeten dan berintegritas. Banyak siswa di sekolah menghadapi masalah seperti penurunan minat beribadah, penurunan pada kepedulian terhadap lingkungan serta kepediluan sosial. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia merupakan projek yang tepat untuk memperkuat kompetensi dan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Projek ini dirancang agar siswa dapat memahami, menghayati, dan mengaplikasikan ajaran agama serta nilai moral dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan yang adaptif dan variatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1) mengetahui implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia di SMP Muhammadiyah 9 dan 10 Bandung; 2) mengidentifikasi karakter religius siswa di SMP Muhammadiyah 9 dan 10 Bandung; 3) menganalisis pengaruh implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia terhadap pembentukan karakter religius siswa di SMP Muhammadiyah 9 dan 10 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode ex post facto. Sampel penelitian ini sebanyak 144 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/ kuesioner. Analisis data yang dilakukan berupa uji instrumen penelitian menggunakan (uji validitas dan reliabilitas), analisis parsial per indikator dan interpretasi variabel, analisis statistik inferensial dilakukan melalui uji asumsi klasik (uji normalitas dan linieritas), serta uji korelasi (analisis regresi linear sederhana, pengujian parsial (uji t), dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia memperoleh nilai 3,95. Nilai tersebut termasuk dalam kualifikasi “Tinggi” karena berada dalam rentang interval 3,40 - 4,19; 2) Berdasarkan hasil perhitungan, bahwa nilai pembentukan karakter religius siswa memperoleh nilai 4,04. Nilai tersebut termasuk dalam kualifikasi “Tinggi”; (3) Adapun implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter religius siswa dikarenakan memiliki nilai sebesar 0,687 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Adapun pengaruhnya sebesar 47,1% dan selebihnya 52,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak menjadi objek pengamatan dalam penelitian ini. Kata Kunci: P5, Beriman, Bertakwa, Berakhlak mulia, Karakter Religius

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: P5; Beriman; Bertakwa; Berakhlak mulia; Karakter Religius
Subjects: Ethics of Social Relations
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Curricula > Curriculum Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Gefira Rahma Kamila
Date Deposited: 08 Sep 2024 14:38
Last Modified: 08 Sep 2024 14:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96961

Actions (login required)

View Item View Item