Hubungan antara aktivitas integrasi visual motorik dengan handwriting skills anak usia dini: Penelitian korelasi di kelompok B RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung

Amanah, Khamila Osama (2024) Hubungan antara aktivitas integrasi visual motorik dengan handwriting skills anak usia dini: Penelitian korelasi di kelompok B RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal di Kelompok B RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung yang menunjukkan adanya masalah pada keterampilan motorik halusnya. Hal ini terlihat dari sejumlah anak, di mana 50% diantaranya mengalami kesulitan dalam memegang dan mengendalikan alat tulis, yang menyebabkan adanya hambatan pada handwriting skills mereka. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: 1. Aktivitas anak pada integrasi visual motorik di Kelompok B RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung; 2. Handwriting skills anak usia dini di Kelompok B RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung; dan 3. Hubungan antara aktivitas integrasi visual motorik dengan handwriting skills anak usia dini di Kelompok B RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung. Handwriting skills dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya integrasi visual motorik (VMI). Pada penelitian yang dilakukan oleh Cristopher (Daly et al., 2003) menunjukkan bahwa integrasi visual motorik dapat mempengaruhi kemampuan anak untuk handwriting huruf dengan jelas. Integrasi visual motorik merupakan variabel penting yang mempengaruhi handwriting, terutama saat anak menyalin tulisan. Karena ketika anak menyalin tulisan, mereka perlu memvisualisasikan huruf, menentukan bentuknya, dan menulis ulang dengan menggunakan alat tulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek penelitian adalah kelompok B RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung dengan jumlah sampel empat belas anak. teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis parsial, uji normalitas, dan analisi korelasi. Hasil analisis terhadap aktivitas integrasi visual motorik diperoleh nilai rata-rata 82.25 berada pada interval 80-100 yang berarti sangat baik. Pada data handwriting skills anak usia dini diperoleh nilai rata-rata 79.91 berada pada interval 70-79 yang berarti baik. Nilai hubungan antara kedua variabel tersebut diperoleh melalui rumus product moment, nilai r_hitung sebesar 0.707 berada pada interval 0.600-0.799 dengan kategori kuat. Hasil uji hipotesis diperoleh harga t_hitung sebesar 3.59 dan nilai t_tabel dengan db 12 pada taraf signifikan 5% adalah 2.179. Hasil perhitungan t_hitung 3.59>t_tabel 2.179, maka dapat diinterpretasikan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Kemudian diketahui koefisien determinasinya sebesar 50%. Selanjutnya, 50% kemampuan handwriting skills anak usia dini di kelompok B RA Al-Hasan dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif antara aktivitas integrasi visual motorik dengan handwriting skills anak usia dini di Kelompok B RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: integrasi visual motorik; handwriting skill; anak usia dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Khamila Khamila Osama Nur Amanah
Date Deposited: 09 Sep 2024 00:55
Last Modified: 09 Sep 2024 00:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97093

Actions (login required)

View Item View Item