Pengembangan media pembelajaran berbasis Crossword Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar kogniitif peserta didik pada materi kalor

Haq, Muh. Mudhirul (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis Crossword Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar kogniitif peserta didik pada materi kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)

Abstract

Guru pada abad ke-21 menghadapi tuntutan yang kompleks, mengharuskan tidak hanya menguasai kompetensi pedagogik dan konten, tetapi juga untuk mengintegrasikan teknologi sebagai penunjang pembelajaran di kelas. Media pembelajaran menjadi salah satu komponen yang dapat meningkatkan hasil belajarar kognitif peserta didik. Terdapat masalah dengan pembelajaran peserta didik di kelas, terutama terkait dengan media pembelajaran yang tidak menarik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kepantasan media pembelajarna berbasis crossword puzzle pada materi kalor, menilai keterlaksanaan pembelajaran dan mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan model penelitian ADDIE. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA di SMA Karya Pembangunan Baros yang berjumlah 26 orang. Data diperoleh melalui lembar validasi media dan materi, lembar keterlaksanaan pembelajaran, serta instrument tes peningkatan hasil beljar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis crossword puzzle dinilai layak digunakan, dengan tingkat validitas 77,2% (kategori sangat layak). Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media ini mencapai tingkat efektivitas rata-rata 92% (kategori efektif). Peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik signifikan, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 55,77, nilai posttest sebesar 85,00, dan nilai gain sebesar 0,66 (kategori sedang). Dengan demikian, media pembelajaran berbasis crossword puzzle terbukti layak, efektif dan mampu menaikan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi kalor di SMA Karya Pembangunan Baros.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; Crossword Puzzle; peningkatan hasil belajar kognitif; materi kalor
Subjects: Physics
Modern Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: mudhirul haq muh
Date Deposited: 04 Oct 2024 04:24
Last Modified: 04 Oct 2024 04:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97129

Actions (login required)

View Item View Item