Pengaruh terpaan berita konflik Palestina-Israel pada media sosial Instagram @detikcom terhadap dukungan sosial khalayak kepada Palestina

Rahman, Weilly Nur (2024) Pengaruh terpaan berita konflik Palestina-Israel pada media sosial Instagram @detikcom terhadap dukungan sosial khalayak kepada Palestina. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Konflik Palestina-Israel sering menjadi sorotan media global, termasuk di Indonesia, khususnya sejak Oktober 2023. Penyebaran informasi melalui media sosial seperti Instagram memainkan peran besar dalam membentuk opini publik dan menggerakkan dukungan kemanusiaan. Dengan 106 juta pengguna, Indonesia menempati posisi keempat dalam jumlah pengguna Instagram terbanyak di dunia per awal tahun 2023, menjadikan platform ini signifikan dalam penyebaran informasi dan pembentukan tren. Fenomena tersebut lah yang melatarbelakangi penelitian ini. Maka sangat jelas bahwa tujuan dari penelitia ini adalah untuk mengetehaui seberapa besar pengaruh terpaan berita konflik Palestina-Israel pada media sosial Instagram @detikcom Terhadap Dukungan Sosial Khalayak Kepada Palestina. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme, penelitian ini dilakukan dengan menganalisis pola hubungan antar variable serta pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif untuk menguji hipotesis di populasi tertentu dengan cara mengumpulkan data yang sifatnya statistik memakai instrumen penelitian. Penelitian ini menggunakan metode survei, Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket atau kuesioner yang disebarkan pada 120 orang responden yang dihitung berdasarkan rumus slovin. Sampel tersebut diambil dari followers akun Instagram @detikcom yang pernah menyaksikan atau melihat tayangan berita konflik Palestina-Israel pada postingan Instagram @detikcom. Teori yang digunakan sebagai kerangka pada penelitian ini ialah teori Uses and Effect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berita konflik Palestina-Israel pada akun Instagram @detikcom memiliki pengaruh signifikan terhadap dukungan sosial publik kepada Palestina, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,471 atau 47%. Sisanya 53% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Diantara sub variabel frekuensi, durasi, dan atensi, variabel frekuensi dan atensi berpengaruh terhadap dukungan sosial khalayak kepada Palestina. Sementara variabel durasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap dukungan sosial khalayak. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar dibandingkan dengan variabel lainnya hanya durasi yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap dukungan sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berita; Konflik; Media Sosial; Dukungan Sosial; Khalayak;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
International Law > Disputes and Conflicts Between States
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Weilly Nur Willy Rahman
Date Deposited: 09 Sep 2024 04:34
Last Modified: 09 Sep 2024 04:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97137

Actions (login required)

View Item View Item