Kamila, Yulia Rahma (2024) Aktivitas dakwah persuasif komunitas Satu Rasa sebagai metode Taqarrub Generasi Muda Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (365kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
Abstract
Komunitas Satu Rasa hadir karena keresahan Ustaz Handy Bonny dan pengurus melihat banyak anak muda yang mulai meninggalkan masjid, terkena isu kesehatan mental, dan meromantisasi perbuatan yang jauh dari syariat Islam. Oleh karena itu, Komunitas Satu Rasa hadir menjadi wadah bagi generasi muda untuk berkumpul dan bersama-sama memperbanyak ilmu agama dengan mendekatkan diri kepada Allah (Taqarrub) dan beribadah dengan penuh cinta. Dengan fokus pembahasan pada perbaikan akhlaq dan menjadi wanita shalihah. Serta pemanfaatan media sosial sebagai media yang memudahkan untuk berinterkasi antara jamaah dan pengurus Komunitas Satu Rasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: a) tahapan dakwah persuasif Komunitas Satu Rasa sebagai metode taqarrub di kalangan generasi muda Kota Bandung, b) teknik persuasif Komunitas Satu Rasa dalam Aktivitas Dakwah sebagai metode taqarrub di kalangan generasi muda Kota Bandung, c) fungsi persuasif dalam Aktivitas Dakwah Komunitas Satu Rasa sebagai metode Taqarrub di Kalangan Generasi Muda Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan model komunikasi persuasif Carl Hovland, dengan paradigma konstruktivisme, pendekatan kualitatif, dengan metode kualiataif deskriptif yaitu untuk menguraikan, menjelaskan, dan menggambarkan data yang diperoleh. Sumber data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data kemudian pengujian validitas dengan menggunakan triangulasi data. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas Satu Rasa menggunakan tahapan komunikasi peruasif AIDDA, Attention (Perhatian: memanfaatkan media sosial untuk promosi), Interest (Ketertarikan: sosok Ustaz Handy Bonny), Desire (Keinginan: membuat jamaah seperti keluarga), Decision (Keputusan: berpedoman pada Al-Quran dan Hadits, juga 2 kitab lainnya), Action (Tindakan: rutin mengikuti kajian, memperbaiki akhlaqnya, dan menjadi dai di lingkungannya). Menggunakan 3 teknik komunikasi persuasif, yaitu: a) teknik asosiasi: mengaitkan pesan dengan kejadian yang viral, b) teknik integrasi: interkasi antara pengurus dan jamaah seperti keluarga, dan c) teknik tataan: mengatur pesan yang disampaikan menjadi semenarik mungkin untuk didengar. Serta menerapkan 2 fungsi yaitu, a) fungsi kontrol: menerapkan pesan yang disampaikan, dan b) fungsi pengetahuan: menambah pengetahuan bagi pengurus dan jamaah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Dakwah; Komunikasi Persuasif; Taqarrub; Generasi muda |
Subjects: | Islam Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Yulia Rahma Kamila |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 03:21 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97147 |
Actions (login required)
View Item |