Penerapan strategi Multiple Representation berbantuan 3D Grapher untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis dan Self Regulated Learning siswa

Firdaus, Ahmad (2024) Penerapan strategi Multiple Representation berbantuan 3D Grapher untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis dan Self Regulated Learning siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan spasial matematis serta Self Regulated Learning siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di salah satu sekolah di Kota Bandung. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan strategi Multiple Representation berbantuan 3D Grapher. Tujuan penelitian ini untuk membantu meningkatkan kemampuan spasial matematis dan Self Regulated Learning melalui pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMP Bakti Nusantara 666 di dua kelas menggunakan metode quasi eksperimen. Hasil penelitian sebagai berikut : (1) peningkatan kemampuan spasial matematis siswa yang menggunakan strategi Multiple Representation berbantuan 3D Grapher lebih baik daripada siswa yang menggunakan konvensional; (2) pencapaian kemampuan spasial matematis siswa yang menggunakan pembelajaran strategi Multiple Representation berbantuan 3D Grapher lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) tinggi, sedang dan rendah; (3) Self Regulated Learning siswa yang menggunakan strategi Multiple Representation berbantuan 3D Grapher sebagian besar memberikan sikap positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Spasial Matematis; Strategi Multiple Representation Berbantuan 3D Grapher; Self Regulated Learning
Subjects: Mathematics > General Publications of Mathematics
Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics
Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ahmad Firdaus
Date Deposited: 09 Sep 2024 06:11
Last Modified: 09 Sep 2024 06:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97206

Actions (login required)

View Item View Item