Pola gaya hidup konsumtif Komunitas Bikers Honda CB Sukabumi dalam Aktivitas Sunmori (Sunday Morning Ride) Di Sukabumi Jawa Barat

Muharam, Muhammad Yusuf (2024) Pola gaya hidup konsumtif Komunitas Bikers Honda CB Sukabumi dalam Aktivitas Sunmori (Sunday Morning Ride) Di Sukabumi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (789kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku pola gaya hidup konsumtif dalam sebuah komunitas motor Honda CB Sukabumi dalam aktivitas Sunday Morning Ride. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk perilaku pola gaya hidup konsumtif dalam sebuah komunitas Honda CB Sukabumi dan juga untuk mengetahui bagaiaman para anggota dalam menyikapi pola gaya hidup konsumtif dalam komunitas tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Teori Tindakan Sosial Max Weber dan Teori Budaya Konsumen Mike Featherstone. Teori Tindakan Sosial ini mengatakan bahwa individu melakukan sebuah tindakan atas pengalaman, pemahaman atas objek yang dapat dilakukan di situasi tertentu. Selanjutnya teori Mike Featherstone mengenai konsumsi dan gaya hidup menyoroti bagaimana konsumsi tidak hanya berfungsi sebagai pemenuhan kebutuhan material, tetapi juga sebagai sarana untuk menciptakan identitas sosial dan simbolik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan di dalamnya yaitu data primer dan juga data sekunder. Data primer diperoleh dari informan sedangkan data sekunder ini dapat diperoleh dari artikel, skripsi, dan juga profil komunitas Honda CB Sukabumi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data interaktif reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini menunjukkan bahwa terdapat sebuah perilaku pola gaya hidup konsumtif yang di lakukan oleh anggota dalam komunitas Honda CB Sukabumi ini. Bentuk Pola gaya hidup konsumtif yang dilakukan oleh anggota komunitas Honda CB Sukabumi ini yaitu mereka melakukan berupa restorasi motor yang dimana berfokus pada pengembalian sepeda motor ke kondisi original melalui penggantian seluruh komponen dengan barang baru dan juga bentuk pola gaya hidup konsumtif lainnya yaitu mereka melakukan pergantian terhadap komponen-komponen tertentu menggunakan part-part modifikasi aftermarket. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam komunitas Honda CB Sukabumi ini terdapat anggota yang memiliki pola gaya hidup konsumtif, yang dimana mereka ini di pengaruhi oleh beberapa faktor atau alasan dari setiap pola gaya hidup konsumtif yang di lakukan mereka dalam komunitas. Tentunya pola gaya hidup konsumtif yang mereka lakukan dalam komunitasnya ini yaitu mengenai modifikasi terhadap motor yang mereka miliki.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup Konsumtif; Komunitas Motor; Kota Sukabumi;
Subjects: Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad Yusuf Muharam
Date Deposited: 09 Sep 2024 00:28
Last Modified: 09 Sep 2024 00:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97232

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item