Kristanti, Indi (2024) Penerapan pembelajaran Saintifik berbantuan E-Modul berbasis web pada konsep mol untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar kognitif. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja dan menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan e-modul berbasis web pada materi konsep mol. Metode penelitian yang digunakan adalah pre- experimental dengan tipe one group pretest-postest design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Kelas X MIPA 4 pada mata pelajaran kimia yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar observasi, lembar kerja, serta tes kemampuan hasil belajar. Data diperoleh dari hasil observasi dan lembar kerja pada kegiatan pembelajaran serta pemberian skor pada soal pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas mahasiswa secara keseluruhan mencapai 88,13% dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja pada materi konsep mol yaitu 88,8 dengan interpretasi sangat baik. Kemampuan hasil belajar siswa setelah penerapan e-modul berbasis web pada materi konsep mol mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0.73 yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Dengan demikian penerapan pembelajaran saintifik berbanttuan e-modul berbasis web pada materi konsep mol dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul; Konsep Mol; Hasil Belajar Kognitif; Pembelajaran Saintifik |
Subjects: | Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry Analytical Chemistry > Coulometry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Indi Kristanti |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 03:57 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97261 |
Actions (login required)
View Item |