Nilai kejujuran di kalangan para pedagang pasar tradisional Ujung Berung: Studi kasus di Pasar Ujung Berung Bandung

Rachmawati, Devi (2022) Nilai kejujuran di kalangan para pedagang pasar tradisional Ujung Berung: Studi kasus di Pasar Ujung Berung Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Pasar merupakan kegiatan jual beli untuk setiap jenis barang, jasa, atau sumber daya yang dilakukan secara langsung. Tidak hanya itu pasar juga merupakan penunjang peningkatan anggaran pendapatan daerah. sehingga keberadaan pasar dalam lingkungan masyarakat sangat dibutuhkan baik itu pasar tradisional maupun pasar modern. maka kejujuran sangat di butuhkan dalam pengaplikasian terhadap transaksi jual beli. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui indiktor pengaplikasian kejujuran oleh pedagang di Pasar Ujung Berung Bandung, faktor pendukung dalam pengaplikasian kejujuran serta faktor penghambat dalam pengaplikasian kejujuran oleh pedagang di Pasar Ujung Berung Bandung. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan presentase yang dimana penelitian ini menggunakan data yang berupa angka kemudian dihitung dalam bentuk persentase Langkah-langkah penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yakni: 1) Menentukan objek dan lokasi penelitian yaitu Para pedagang sayuran, daging dan bahan pokok yang berada di Pasar Ujung Berung Bandung; 2) Menentukan metode penelitian yang digunakan yakni studi kasus; 3) Menentukan Jenis dan Sumber Data penelitian yaitu sumber data primer yang dihasilkan dari para pedagang di Pasar Ujung Berung Bandung, sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari buku, jurnal dan website; 4) Menentukan Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Berdasarkan hasil analisis yang peneliti telah lakukan, maka terdapat hasil sebagai berikut : 1) Tingkat kejujuran pedagang di Pasar Ujung Berung Bandung lebih tinggi dengan hasil lebihnya berat timbangan dengan presentase 75,6 %, jika dibandingkan dengan selisih kurangnya berat timbangan dengan presentase 24,1 %. Selain dari pada itu, indikator kejujuran pun dapat dinilai dari segi kualitas dan transparansi barang dan harga. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam pengaplikasian kejujuraan; 2) faktor pendukung dalam pengaplikasian kejujuran yaitu keimanan, pengetahuan mengenai hukum dan etika dalam berdagang, menumbuhkan rasa percaya kepada pembeli dan memberikan pelayanan yang baik, rasa tanggung jawab yang kuat, serta suatu kebiasaan dan terlatih jujur dalam menjalani kehidupan; 3) dan faktor pendukung dalam pengaplikasian kejujuran, terdapat beberapa faktor penghambat dalam pengaplikasian kejujuran di Pasar Ujung Berung Bandung adalah harga pasar yang sedang naik, waktu yang terbatas, ingin mendapatkan keuntungan yang banyak, adanya kebutuhan yang mendesak, serta kurangnya rasa tanggung jawab terhadap perdagangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai Dakwah; Dakwah; Kejujuran; Pedagang; Pasar
Subjects: Islam > Islam and Economics
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Devi Rachmawati
Date Deposited: 10 Sep 2024 00:15
Last Modified: 10 Sep 2024 00:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97329

Actions (login required)

View Item View Item