Pengaruh model pembelajaran J.E.Kemp pada pembelajaran A-Quran hadist terhadap Self Regulated Learning dan hasil belajar siswa: Penelitian di kelas VIII MTs Nuuru Zamzam

Hapriadi, YusabFarhan (2024) Pengaruh model pembelajaran J.E.Kemp pada pembelajaran A-Quran hadist terhadap Self Regulated Learning dan hasil belajar siswa: Penelitian di kelas VIII MTs Nuuru Zamzam. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di MTs Nuuru Zamzam telah dilakukan upaya untuk meningkatkan self regulated learning dan hasil belajar siswa dengan langkah-langkah seperti menggunakan model-model pembelajaran dengan RPP yang sistematis dan terarah, memberikan rewad and punishment. Akan tetapi, pada realitanya di lapangan masih terdapat peserta didik yang tidur saat belajar, kesiangan, tidak mengumpulkan tugas dan memiliki nilai dibawah KKM yaitu 56. Penelitian ini bertujuan untuk: 1).Mendeskripsikan konsep model pembelajaran J.E.Kemp pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas VIII MTs Nuuru Zamzam 2). Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran J.E.Kemp 3).Mendeskripsikan self regulated learning siswa 4).Mendeskripsikan hasil belajar siswa 5) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran J.E.Kemp terhadap self regulated learning siswa 6). Mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran J.E.Kemp terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini didasari oleh teori yang mengatakan bahwa penggunaan model pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan self regulated learning dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi dikarenakan data-data yang digunakan berupa angka-angka untuk merepresentasikan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, angket dan tes. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa 1). Konsep model pembelajaran J.E.Kemp pada pembelajaran Al-quran Hadist telah sesuai dengan teori dari Dian Utami 2). Penerapan model pembelajaran J.E.Kemp tergolong ke dalam kategori sangat baik dengan nilai 74 yang berada pada interval 64-84. Namun masih terdapat kekurangan yaitu kurangnya pengembangan materi ajar. Solusinya adalah guru menambah referensi, sumber ajar 3.) Self regulated learning siswa tergolong kedalam kategori tinggi dengan rata-rata nilai 70,6 yang berada pada interval 51 -75%. Namun masih terdapat kekurangan yaitu kurangnya dukungan dari orang tua. Solusinya adalah meningkatkan sinergisitas antara guru,siswa dan orang tua 4). Hasil belajar siswa tergolong kedalam kategori cukup/sedang dengan perolehan nilai rata-rata 78,5 yang berada pada interval 70-79. Namun masih terdapat kekurangan yaitu lingkungan kelas yang tidak kondusif dikarenakan ada kebisingan Pembangunan sekolah. Solusinya adalah membagi waktu pembangungan dengan pembelajaran di sekolah 5). Terdapat pengaruh positif dan signifikan dengan nilai R2= 0,201 = 20,1%. Ini berarti bahwa model pembelajaran J.E.Kemp mempengaruhi self regulated learning sebesar 20,1%. 6). Terdapat pengaruh positif dan signifikan dengan nilai R2= 0,251 = 25,1%. Ini berarti bahwa model pembelajaran J.E.Kemp mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 25,1%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran J.E.Kemp, Self Regulated Learning; Hasil Belajar
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yusa Farhan Hapriadi
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:07
Last Modified: 10 Sep 2024 03:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97437

Actions (login required)

View Item View Item