Strategi dakwah q&a content creator pada platform Tiktok: Studi deskriptif pada akun Tiktok @irfanrizkihaas

Fadilah, Khariza Rizka (2024) Strategi dakwah q&a content creator pada platform Tiktok: Studi deskriptif pada akun Tiktok @irfanrizkihaas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover_1.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak_2.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi_3.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1_4.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab 3_6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab 4_7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka_8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai strategi dakwah yang diterapkan oleh content creator dalam bentuk konten Q&A (Question and Answer) pada platform Tiktok, dengan fokus studi pada akun @irfanrizkihaas. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memahami bagaimana Ustadz Irfan Rizki menggunakan fitur Q&A sebagai alat dakwah yang efektif di media sosial, serta menganalisis dampak dari strategi iini terhadap engagement dan pemahaman audiens. Dalam penelitian ini, digunakan metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis konten video yang diposting oleh akun @irfanrizkihaas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ustadz Irfan Rizki berhasil memanfaatkan fitur Q&A sebagai media interaktif yang mampu menjawab kegelisahan dan pertanyaan mad’u secara langsung. Hal ini menunjukkan efektivitas fitur Q&A dalam meningkatkan keterlibatan mad’u dan memperdalam pemahaman mereka mengenai ajaran Islam. Dalam akun @irfanrizkihaas ditemukan a) strategi dakwah sentimentil (al-manhaj al-athifi) yang dalam kontennya beliau menerapkan pengajaran yang baik, panggilan kasih sayang, dan pelayanan kepada mad’u, sehingga meningkatkan rasa sentimental mad’u antara da’I dan mad’u. Pendekatan ini berhasil meningkatkan ikatan emosional antara da’I dan madu yang sangatlah penting dalam membangun kepercayaan dan kesetiaan mad’u. b) strategi dakwah rasional (al-manhaj al-‘aqli) yang dalam penerapannya beliau menggunakan analogi dan perumpamaan yang relate dan ringan dengan mad’u, dan juga penggunaan hook yang sangat berpengaruh dalam koten dakwah beliau, karena hook menarik perhatian mad’u dan memastikan bahwa pesan yang disampaikan mampu dipahami oleh akal dan pikiran mad’u. agar mad’u dapat merenungkan isi pesan dakwah yang disampaikan. c) strategi dakwah eksperimen/inderawi (al-manhaj al-hissi wa tajribi) yang dalam penggunaannya beliau lebih mengutamakan kepada kualitas audio dan visualnya untuk menarik perhatian mad’u. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan fitur Q&A pada tiktok oleh @irfanrizkihaas bukan hanya memperkaya konten dakwah, namun juga memperkuat hubungan antara da’I dan mad’u, sehingga menciptakan kedekatan digital yang solid dan responsif terhadap ajaran dakwah Islam melalui media sosial tiktok. Kata Kunci : Strategi dakwah, Q&A, Tiktok

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Q&A; Tiktok
Subjects: Islam > Da'wah
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Khariza Rizka Fadilah
Date Deposited: 10 Sep 2024 01:19
Last Modified: 10 Sep 2024 01:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97448

Actions (login required)

View Item View Item