Kurniasih, Pratiwi Devi (2024) Keterampilan Berpikir kritis (KBKr) siswa melalui model Problem Based Learning berbantu video pada materi sistem imun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (284kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil PISA keterampilan berpikir kritis siswa Indonesia menduduki peringkat ke-7 dari bawah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model problem based learning berbantu video pada materi sistem imun. Metode penelitian yang digunakan Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan Sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dimana kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai N-gain sebesar 0,68 menunjukan kategori sedang. Pada kelas kontrol rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,43 menunjukan kategori sedang. Adapun hasil uji hipotesis menunjukan menggunakan nilai (sig.2-tailed 0,000) < ttabel 0,05 maka H1 Diterima dan H0 Ditolak. Adapun nilai indikator berpikir kritis yang memiliki pencapaian tertinggi terdapat pada eksplanasi sebesar 0,86. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model problem based learning berbantu video pada materi sistem imun.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis; Problem Based Learning; Sistem Imun |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Pratiwi Devi Kurniasih |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 04:07 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 04:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97557 |
Actions (login required)
View Item |